Pemanfaatan social media sebagai Media Pemasaran Produk Olahan Berbahan Dasar Singkong Guna Memperluas Sistem Pemasaran di Desa Sidomukti

Berkembangnya teknologi dengan pesat menyebabkan informasi mudah didapatkan dimana saja dan kapan saja. Dengan adanya media sosial tentu akan memberi kemudahan berbagi informasi. Perlu adanya pemanfaatan media sosial agar menguntungkan bagi suatu orang. Oleh karena itu Tim Pengabdian Masyarakat Undip 2018 pada tanggal 1 September 2018 melakukan penyuluhan kepada UMKM di desa Sidmukti, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati mengenai penggunaan media sosial sebagai media promos produk olahan singkong. Kegiatan ini dilakukan karena banyaknya warga yang menanam singkongdi halaman rumah mereka. UMKM mengelola warga lalu mengolektifkan hasil singkongnya. Namun penjualan yang dilakukan masih dari mulut ke mulut, atau membuka toko. Maka dari itu diperlukan promosi agar pembeli yang membeli tidak hanya warga yang lewat, namun juga siapapun dia bisa membeli produk secara online. Diharapkan dengan adanya ekgiatan ini akan meningkatkan pendapat ekonomi warga desa Sidomukti sehingga dapat mensejahterakan warganya.