Pemanfaatan Pemasaran Produk Melalui Media Online Maupun Offline Guna Meningkatkan Potensi Produksi Masyarakat Desa Gandu
Temanggung – Hampir keseluruhan masyarakat kini telah mengenal istilah “Internet”. Melalui internet, segala kebutuhan bisa diakses dengan cepat termasuk dalam hal bisnis. Di perkotaan, sebagian besar pebisnis memasarkan produknya melalui internet yang biasa disebut “E-Business”. Dengan adanya E-Business, masyarakat dapat melakukan berbagai macam kegiatan penawaran, pemasaran barang maupun jasa, ataupun kegiatan bisnis lainnya. Proses kegiatan bisnis ini tidak perlu mempertemukan antara pihak penjual dan pembeli.
Beda halnya dengan masyarakat kota, masyarakat di pedesaan justru kurang mengenal istilah Internet. Hingga pemasaran produk yang dihasilkan oleh desa tersebut pun masih menggunakan metode lama yaitu penjualan di pasar tradisional atau kepada masyarakat sekitar. Oleh karena itu, tak heran cakupan penjualan masyarakat pedesaan masih kurang luas.
Melihat permasalahan masyarakat desa yang seperti ini, maka Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Diponegoro melakukan kegiatan penyuluhan berupa pentingnya pemasaran produk terutama menggunakan media online. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Januari 2018 di Desa Gandu, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung. Seluruh warga sangat antusias dengan kegiatan ini karna warga berharap bisa menaikkan nilai perekonomian warga desa Gandu.
Rangkaian kegiatan ini yaitu pengenalan pentingnya internet, pembuatan akun bisnis, pembelajaran cara pemasaran melalui media online, dan banyak lagi kegiatan lainnya. Selain pembelajaran mengenai pemasaran melalui media online, pemasaran melalui media offline seperti penjualan di pasar tradisional juga tetap diutamakan. Dengan adany pemasaran produk melalui media online dan offline diharapkan pendapatan warga Gandu bisa bertambah berkali lipat dibanding sebelumnya. Selain itu, diharapkan juga pemasaran secara online juga dilaksanakan secara berkelanjutan dengan inovasi baru yang sesuai dengan permintaan masyarakat luas baik nasional maupun internasional.