Pemberdayaan Masyarakat Desa Damarjati Melalui Kegiatan Pembuatan Lilin Aromaterapi Anti Nyamuk Sebagai Solusi Permasalahan Keganasan Nyamuk di Malam Hari

Kendal (2/2/2018) Pada bulan Februari 2018 di Desa Damarjati, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Desa Damarjati Melalui Kegiatan Pembuatan Lilin Aromaterapi Anti Nyamuk Sebagai Solusi Permasalahan Keganasan Nyamuk di Malam Hari oleh Mahasiswa Tim Pengabdian Masyarakat UNDIP. Kegiatan tersebut berlangsung di balai desa dengan pesertanya yaitu para anggota PKK desa Damarjati.

Lilin aromaterapi merupakan sebuah lilin yang bermanfaat menjadi pewangi ruangan, menenangkan fikiran, dapat pula untuk mengusir serangga. Lilin aromaterapi dapat dibuat melalui bahan-bahan yang sering kita temui dan gunakan. Pembuatan lilin aromaterapi yang dibuat menggunakan bahan yang mudah ditemui. Dalam percobaan ini bahan utama yang diperlukan ialah parafin akan tetapi dipedesaan parafin sulit untuk ditemui, maka dari itu dapat digunakan lilin berwarna putih biasa yang biasanya memiliki fungsi sebagai lilin dikala listrik padam.

Aromaterapi diperlukan pewangi. Pewangi untuk lilin dapat dijumpai di toko kimia, akan tetapi dipedesaan susah untuk mencari pewangi untuk lilin, karena itu alternatif lain menggunakan bahan alami yang sering kita temui. Bahan untuk pewangi tersebut ialah menggunakan limbah kulit jeruk jenis apa saja. Mula-mula limbah kulit jeruk tersebut dipotong kecil-kecil kemudian direndam menggunakan baking soda selama 10-14 jam. Setelah itu peras kulit jeruk tersebut dan diamkan selama 24 jam. Setelah 24 jam pada permukaan tempat air perasan jeruk akan ditemui minyak atsiri yang dapat digunakan sebagai pewangi lilin. Kemudian sebagai pewarna alternatif yaitu menggunakan crayon/pewarna yang dihaluskan.