Identifikasi 4P (Product, Price, Place, and Promotion) untuk Strategi Pemasaran UMKM di Desa Cebolek Kidul

Pemasaran adalah salah satu hal yang penting dalam usaha, karena menentukan seberapa banyak konsumen yang mau dan tertarik membeli produk usaha tersebut. Biasanya pemasaran dilakukan dengan menggunakan leaflet atau iklan surat kabar. Akan tetapi tanpa perhituangan yang tepat maka efek pemasaran ini akan tidak optimal. Oleh karena itu TIM Pengabdian Masyarakat desa Cebolek Kidul, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati melakukan program identifikasi 4P untuk strategi pemasaran UMKM desa Cebolek Kidul yang dilakukan di balai desa Cebolek Kidul pada tanggal 1 Februari 2018. 4P adalah Prinsip pemasaran terdiri dari semua hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan akan produknya yang terdiri dari “empat P” yaitu:

  1. Produk (product) , kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar sasaran meliputi : ragam, kualitas, desain. fitur, nama merek, dan kemasan ;
  2. Harga (price), adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan pelanggan untuk memperoleh produk meliputi: daftar harga, diskon potongan harga, periode pembayaran, dan persyaratan kredit ;
  3. Tempat (place), kegiatan perusahaan yang membuat produk tersedia bagi pelanggan sasaran meliputi: Lokasi, saluran distribusi, persediaan, transportasi dan logistik ;
  4. Promosi (promotion) berarti aktivitas yang menyampaikan manfaat produk dan membujuk pelanggan membelinya meliputi : Iklan dan promosi penjualan.

 

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan rekomendasi teknik pemasaran dan optimalisasi pemasaran UMKM desa Cebolek Kidul, dengan bantuan pengusaha UMKM Tim Pengabdian Masyarakat dapat mengidentifikasi dan mengusulkan strategi pemasaran yanbg baik bagi pengusaha.