Pendampingan Pembuatan SOP Pelayanan Desa Guna Meningkatkan Kinerja Pelayanan Desa Kletek

Kletek, Pati – (22/01/2018) telah dilakukan pendampingan mengenai pembuatan SOP yang berisikan pelayanan atau SOP (Standar Operasional Prosedur) Pemdes di kantor Balai Desa Kletek. Penyuluhan tersebut diberikan kepada para perangkat Desa Kletek. Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari para pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya.

Permasalahan yang ada di Desa Kletek salah satunya yaitu belum optimalnya pelayanan/ mekanisme pembuatan administrasi kependudukan. Administrasi kependudukan yang sering diurus masyarakat Desa Kletek yaitu pembuatan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu). SKTM ini sebagian besar digunakan untuk mendaftarkan anaknya yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan belum adanya informasi yang berkaitan dengan alur pembuatannya, masyarakat harus datang ke kantor balai desa untuk menanyakan persyaratan dan langkah yang harus dilakukan. Oleh karena itu, dengan adanya banner yang berisikan informasi mengenai pembuatan administrasi kependudukan, khususnya SKTM diharapkan mampu mempermudah masyarakat yang akan mengurusnya tanpa harus menunggu pihak yang bersangkutan untuk menjelaskan prosedurnya.