Peningkatan Penjualan UMKM dengan Memaksimalkan Strategi Pemasaran 4P (Product, Price, Place dan Promotion)
Jepara – Pada JanuariĀ 29 Januari 2018 berlokasikan di Balai Desa Pekalongan, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara Tim Pengabdian Masyarakat Undip 2018 melakukan kegiatan peningkatan penjualan UMKM, dengan memaksimalkan strategi pemasaran. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan UMKM yang sudah ada agar pendapatan dapat meningkat sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Pekalongan. Masyarakat yang tergabung dalam UMKM terliihat sangat antusias sehingga banyak memunculkan ide ide baru dalam strategi untuk memasrkan produknya.
Untuk dapat menjual barang diperlukan strategi khusus agar dapat banyak orang tertarik untuk dapat membeli barang tersebut. Strategi pemasaran yang dibuat adalah 4P, yaitu product, price, place dan promotion. Produk yang dijual harus produk yang berguna dan bermanfaat seperti oleh-oleh, namun harga dari sebuah produk tidak boleh begitu mahal karena harga akan menjadi penentu pembeli dalam membeli barang. Tempat penjualan juga sangat menentukan sehingga harus dapat memilih tempoat yang strategis untuk dapat dijangkau pembeli. Promosi yang digunakan untuk memasarkan produk juga harus kuat dan dapat diketahui orang secara luas. Dengan begitu diharapkan masyarakat yang tergabung dalam UMKM dapat membuat ide ide baru untuk meningkatkan penjualan