Home » beranda » REPORTASE MINGGU 5

REPORTASE MINGGU 5

Lomba Cerdas Cermat Tingkat SD/MI Sederajat

DSC_0544_COMPRESS

Pendidikan merupakan kebutuhan mendasar bagi pembangunan bangsa. Maju tidaknya suatu bangsa tergantung pada kualitas pendidikan yang ada pada bangsa tersebut. Potensi dan antusias yang tinggi dari masyarakat desa Gondoharum terhadap pendidikan diapresiasi dengan terselenggaranya lomba cerdas cermat (LCC) tingkat SD/MI sederajat di desa Gondoharum. LCC diadakan pada kamis, 11 Agustus 2016 di balai desa Gondoharum dan diramaikan oleh supporter dari masing-masing sekolah. Tujuan diadakannya LCC tersebut adalah untuk meningkatkan semangat belajar siswa/i, mengajarkan cara bersaing yang baik dan sehat sejak dini, mewadahi siswa/i untuk mengaplikasikan potensi yang dimiliki dan memberikan apresiasi. Tiga skor tertinggi pun diraih oleh SDN 1 Gondoharum, SDN 7 Gondoharum dan SDN 4 Gondoharum sebagai juara 1, 2 dan 3. Kegiatan LCC diakhiri dengan pengumuman juara dan pembagian hadiah yang diberikan oleh Pak Puspito selaku sekretaris Desa setempat.

 

Pembuatan Nugget Ayam sebagai Pilihan Produk UMKM

DSC_0305_COMPRESS

DSC_0256_COMPRESS

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu motor penggerak perekonomian di Indonesia. Keberadaan UMKM di desa Gondoharum yang masih minim, diantaranya hanya ada UMKM Susu Kedelai, Gergaji, Meubeler, dan sebagainya, membuat mahasiswa KKN berpikir untuk mengembangkan UMKM baru di bidang kuliner yaitu pembuatan nugget ayam dengan produk yang dinamai “NUGO” atau Nugget Gondoharum. Terlaksananya program multidisiplin pembuatan nugget ayam diharapkan dapat mendukung perekonomian di Desa Gondoharum. Pembuatan Nugo dilaksanakan pada Rabu, 10 Agustus 2016 di Balai Desa Gondoharum pada pukul 15.30 WIB dengan sasarannya adalah ibu-ibu PKK. Respon yang diberikan cukup positif dan menarik sehingga cukup besar kemungkinan ibu-ibu PKK tersebut akan mengembangkan produk Nugo.

Pelatihan Pembuatan Biskuit Gadung untuk Pemberantasan Hama Tikus

DSC_0554_COMPRESS

Padi merupakan tanaman pangan utama yang menjadi sumber makanan pokok bagi sebagian masyarakat Indonesia. Sulitnya mengendalikan hama tikus tersebut menjadi kendala petani di Indonesia, khususnya di Desa Gondoharum. Pelatihan pembuatan biskuit gadung tersebut diadakan di salah satu rumah warga di dusun Tampung, Desa Gondoharum pada Selasa, 2 Agustus 2016 dengan sasaran gabungan kelompok tani. Respon yang diberikan cukup baik dan antusias. Kelompok tani tersebut juga baru mendengar bahwa umbi gadung memiliki potensi untuk memberantas hama tikus di sawah, sehingga dapat dijadikan alternatif untuk para petani yang selain biayanya terjangkau, juga mudah dibuat.