Home » beranda » Kegiatan Anti Anti-Sosial Untuk Indonesia Yang Lebih Baik

Kegiatan Anti Anti-Sosial Untuk Indonesia Yang Lebih Baik

Pesta SiagaBodeh – Pembinaan akal dan akhlak merupakan program utama dari semua instansi Pendidikan. Pembinaan akal yang baik akan menghasilkan masayarakat yang cerdas, sedangkan pembinaan akhlak yang baik akan menghasilkan masayarakat yang bermartabat. Salah satu program pembinaan akhlak yang dapat dilakukan di sekolah adalah dengan pramuka. Selain melatih kedisiplinan, pramuka juga mengajarkan tentang gotong royong, keberanian, kejujuran, dan saling membantu.

Kegiatan pramuka dibagi dalam beberapa jenjang yakni siaga, penggalang, penegak, dan pandega. Siaga adalah sebutan untuk anggota pramukan usia 7 sampai 10 tahun, utamanya adalah anak SD. Pada hari minggu 3 Februari kemarin, ratusan anak SD di kecamatan bodeh mengikuti kegiatan pesta siaga yang bertempat di SMPN 1 Bodeh. Tim KKN undip di desa Pendowo diundang untuk menghadiri kegiatan tersebut sekedar untuk mendampingi anak-anak SD N 1 Pendowo dan SD N 3 Pendowo yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Pada kegiatan yang dilangsungkan mulai dari pagi hingga sore hari tersebut, ratusan peserta dengan antusias mengukuti berbagai jenis permainan yang telah disiapkan. Setiap permainan memiliki makna tersendiri dibalik dicantumnya permainan tersebut dalam rangkaian pestia siaga yang digelar. Seperti panahan yang bertujuan untuk melatih konsentrasi, lumbung kemanusiaan untuk melatih rasa saling membantu, gerak jalan untuk melatih kekompakan dan kedisiplinan, pentas seni untuk melatih kesadaran terhadap seni dan budaya, dan lain sebagainya.

Seiring perkembangan zaman yang menitik beratkan pada apathy dan keegoisan diri, kegiatan pembinaan akhlak sejak dini seperti pesta siaga tersebut sangatlah penting untuk mengembangkan jiwa sosial anak dan meminimalisisir kemungkinan mereka terjebak dalam jaring-jaring anti sosial akibat modernisasi. Dengan ditanamkannya bibit budi pekerti luhur sejak dini, diharapkan mereka dapat tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang baik dan membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi.