Home » beranda » Bersama Karang Taruna, Desa Mlatiharjo Jaya!

Bersama Karang Taruna, Desa Mlatiharjo Jaya!

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 28/01/2019 “Pengabdian yang baik adalah bagaimana suatu kegiatan dapat terus berjalan meskipun fasilitator sudah tidak berada pada kawasan tersebut.” kalimat ini yang membuat mahasiswa KKN UNDIP TIM 1 Desa Mlatiharjo membuat suatu program yaitu “Pengaktifan Kembali Karang Taruna di Desa Mlatiharjo”. Program ini bertujuan agar karang taruna yang belum aktif menjadi aktif dan yang sudah aktif menjadi lebih aktif untuk dapat menjadi aktor utama dalam melaksanakan program yang sudah direncanakan dan diajarkan oleh KKN UNDIP TIM 1 Desa Mlatiharjo.
Tim KKN Mlatiharjo Berdiskusi Bersama Perangkat Desa

Pertama-tama yang dilakukan oleh Tim KKN Desa Mlatiharjo yaitu bertemu dengan ketua karang taruna Desa Mlatiharjo untuk berdiskusi mengenai program yang direncanakan dan gambaran umum mengenai potensi dan permasalahan karang taruna Desa Mlatiharjo. Setelah itu, Tim KKN Mlatiharjo melakukan mendekatkan diri kepada karang taruna Dusun Wonosido terlebih dahulu. Karang taruna Wonosido merupakan karang taruna yang masih aktif namun belum memiliki rapat rutin dan program kerja. Karang taruna hanya aktif ketika mendekati acara 17 Agustus. Oleh karena itu mahasiswa KKN Desa Mlatiharjo mengajak karang taruna Dusun Wonosido untuk melakukan rapat rutin setiap jum’at atau sabtu malam untuk berdiskusi agar Karang Taruna Dusun Wonosido semakin aktif dan termotivasi dari diskusi yang dilakukan sehingga mempunyai program kerja.

Diskusi yang dilakukan berupa diskusi secara informal dengan kondisi santai dan saling berbagi informasi mengenai apa-apa saja yang dapat membuat karang taruna menjadi aktif dan produktif. Setelah itu, Tim KKN Mlatiharjo mengajak karang taruna Dusun Wonosido untuk mengkoordinir acara senam pagi setiap hari minggu untuk ibu-ibu sehingga karang taruna dapat mulai mengkoordinir suatu acara. Ibu-ibu merasa antusias dan senang mengikuti senam dan melihat karang taruna Dusun Wonosido menjadi aktif.
Senam Minggu Pagi Ibu-Ibu Dusun Wonosido

Senam Minggu Pagi Ibu-Ibu Dusun Wonosido

Tahap selanjutnya, Tim KKN Mlatiharjo melakukan pendekatan dengan Dusun Karangboyo. Karang taruna Dusun Karangboyo sudah aktif serta memiliki jadwal rutin melakukan diskusi. Tidak hanya itu, karang taruna Dusun Karangboyo juga memiliki rencana program, salah satu yang sudah berjalan adalah kerja bakti dan menanam sayur. Tim KKN Mlatiharjo mengikuti rapat rutin karang taruna Dusun karangboyo mengenai apa saja yang diingkan dan direncanakan untuk kegiatan kedepan, serta mengikuti program penanaman sayur setiap hari minggu pagi.
Rapat Rutin Karang Taruna Dusun Karangboyo

Tim KKN Mlatiharjo kemudian bersilatuhrahmi kepada salah satu anggota karang taruna Dusun Blimbingan, karang taruna Dusun Banaran, dan Ketua karang taruna Desa Mlatiharjo. Karang taruna Blimbing dan Barangan merupakan karang taruna yang kurang aktif dibandingkan karang taruna di Dusun Wonosido dan Dusun Karangboyo. Tim KKN berdiskusi mengenai penyebab tidak aktifnya karang taruna di Dusun Blimbing dan Banaran serta berdiskusi mengenai cara pendekatan yang tepat agar nantinya karang taruna Dusun Blimbing dan Barangan dapat kembali aktif.
Diskusi dengan Perwakilan Karang Taruna Dusun Barangan dan Dusun Blimbing

Setelah melakukan diskusi bersama karang taruna Desa Mlatiharjo, Tim KKN Mlatiharjo merencanakan program yang melibatkan karang taruna untuk mengembangkan potensi dan mengatasi permasalahan Desa Mlatiharjo. Program yang direncanakan adalah pelatihan mengolah potensi kopi Desa Mlatiharjo, pelatihan memasarkan produk lokal Desa Mlatiharjo via online, dan pelatihan untuk mengolah sampah organik dan nonorganik. Program ini kemudian didiskusikan bersama karang taruna apakah ada masukan untuk pelatihan tersebut. Setelah disetujui maka Tim KKN Mlatiharjo merencanakan lokasi dan waktu untuk mengadakan pelatihan tersebut.