Home » beranda » Bersih Kali Muncang dengan Belalai (Alat Filter Air Double Filter)

Bersih Kali Muncang dengan Belalai (Alat Filter Air Double Filter)

Whats-App-Image-2019-02-07-at-13-47-09

Pemalang (2 Februari 2019) – telah dilaksanakan program monodisiplin dari KKN Tim I UNDIP oleh Malikhatul Khuriyah dari Jurusan Teknik Kimia pada acara Senam Prolanis yang bertempat di Balai Desa Muncang. Program yang dibawakan adalah pengenalan dan pembuatan alat filtrasi limbah detergen. Alat ini dibuat dengan harapan dapat mengurangi pencemaran air akibat pembuangan libah detergen secara langsung ke lingkungan. Limbah detergen merupakan salah satu limbah yang paling banyak dihasilkan dalam sektor rumah tangga. Setiap hari limbah ini dihasilkan dan dibuang secara langsung kealiran air. Kandugan bahan kimia berbahaya didalam limbah detergen dapat mencemari lingkungan. Salah satu dampak akibat pembuangan limbah detergen kealiran sungai yaitu dapat menyebabkan ledakan pertumbuhan enceng gondok ( Eutrofikasi ). Apabila terjadi eutrofikasi maka sungai akan menjadi dangkal dan alirannya tidak lancer, selain itu ikanikan yang ada didalam aliran sungai akan mati karena kekurangan oksigen.

Desa Muncang merupakan salah satu desa yang dlewati oleh aliran sungai tersier yang digunakan sebagai irigasi. Kebutuhan air untuk sektor pertanian di desa Muncang di suplai oleh sungai tersier tersebut. Aliran sungai akan lancar apabila bersih dari pengotor seperti sampah dan enceng gondok. Untuk itu perlu adanya suatu alat yang dapat mengolah limbah detergen sebelum dibuang kesaluran air. Salah satu alat yang dapat mengatasi pengolahan limbah detergen adalah alat filtrasi air yang memiliki double filter.

Whats-App-Image-2019-02-07-at-13-49-12

Alat filtrasi air double filter terbuat dari pipa PVC yang disusun sedemikian rupa sehingga mampu memfilter limbah detergen. Bahan untuk membuat alat filtrasi air yaitu pipa pvc ukuran 3 in, busa aquarium, batu kerikil, batu zeolit, dana rang aktif. Pipa PVC berfungsi sebagai tempat mengalirnya air. Busa aquarium berfungsi untuk menyaring partikel yang berukuran besar dan juga sebagai pembatas antara bahan yang satu dengan bahan yang lain.batu kerikil berfungsi untuk meyaring kotoran halus yang terdapat dalam air. Batu zeolit berfungsi untuk meningkatkan kadar oksigen dalam air dan menyerap zat kapur dan zat kimia berbahaya yang terkandung didalam sabun. Arang aktif berfungsi untuk menyerap warna dan menghilangkan rasa yang dihasilkan oleh klorin.

Cara membuat alat ini yaitu potong pipa pvc menjadi beberapa ukuran yaitu 90 cm, 40 cm (2 buah ), 20 cm, dan 15 cm.  Untuk filter yang pertama masukan bahan pada pipa yang berukuran 40 cm dengan susunan dari bawah sebagai berikut : busa aquarium, batu kerikil, busa aquarium, batu zeolit, busa aquarium, arang aktif dan busa aquarium. Sedangkan untuk filter yang kedua susuna dari bawah seperti berikut ini:busa aquarium, arang aktif, busa aquarium, batu zeolit, busa aquarium, batu kerikil dana rang aktif. Susunan dari kedua filter berbeda karena bergantung pada arah alirn air yang masuk kedalam filter. Pada filter yang pertama arah aliran air dari bawah keatas, sedangkan pada filter yang kedua air masuk dari atas kebawah. Prinsip kerja alat filtrasi air ini adalah air masuk dari pipa yang berukuran paling tiggi kemudian air akan mengalir melalui filter yang pertama. Setelah air melalui filter yang pertama kemudian air akan mengalir melalui filter yang kedua. Hasi dari penyaringan ini terbukti bahwa kandungan busa yang terdapat pada air hasil filtrasi erkurang.