Home » Lokasi KKN » Kab. Pemalang » Tingkatkan Hasil Panen Padi Dengan Jajar Legowo

Tingkatkan Hasil Panen Padi Dengan Jajar Legowo

DSC04214

Pemalang – Mahasiswa KKN Undip Tim I Desa Muncang Kecamatan Bodeh melakukan edukasi dan workshop tentang metode tanam modern yaitu jajar legowo menggunakan alat bantu sederhana kepada kelompok tani Ujung Alit, Desa Muncang. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Senin, 4 Februari 2019, pukul 08.00 WIB, bertempat di pelataran sawah.

Para petani di Desa Muncang kebanyakan masih menggunakan metode tanam konvensional dimana mementingkan kerapatan jarak antar padi, hal itu menyebabkan pemborosan dari mulai bibit hingga perawatan. Padahal jika menggunakan metode tanam jajar legowo yang mementingkan jarak untuk bertanam dapat menghasilkan panen yang optimal, sekaligus mempermudah petani dalam merawat, dan juga mengurangi biaya perawatan.

Untuk meyakinkan para petani untuk mengubah kebiasaannya itu, mahasiswa TIM I KKN Undip 2019 di Desa Muncang yang bernama Sabilly Rasyad, jurusan Teknik Mesin membuatkan alat sederhana untuk mempermudah petani melakukan metode tanam jajar legowo, sekaligus mengadakan sosialisasi sekaligus diskusi dengan para petani akan penting nya menggunakan metode tanam jajar legowo ini.

Alat sederhana ini mudah dan murah untuk dibuat, karena berasal dari bahan dasar bambu yang keberadaannya banyak sekali di Desa Muncang ini. Selanjutnya batang bambu dipotong sesuai bentuk dan ukuran seperti yang sudah di desain sebelumnya.

Selama kegiatan petani terlihat antusias dengan materi dan alat yang disampaikan. Banyak sekali pertanyaan yang ditanyakan oleh para petani seputar metode tanam maupun masalah pertanian lainnya. Dalam program ini, juga dibantu oleh Hafidz Fikri Asyari dari jurusan Pertanian.

Harapannya para petani dapat beralih menggunakan metode tanam jajar legowo pada musim tanam selanjutnya, dan dapat merasakan manfaat dari metode tanam tersebut. Dan juga dapat menyebarkan ilmu dan pengalaman yang telah di dapat kepada petani-petani lain di Desa Muncang.