NEGERI TEMBAKAU ADA DI TEMANGGUNG

tembakau temanggung
Tembakau asli temanggung

Tembakau adalah hasil bumi yang diproses dari daun tanaman yang juga dinamai sama. Tanaman tembakau terutama adalah Nicotiana tabacum dan Nicotiana rustica, meskipun beberapa anggota Nicotina lainnyajuga dipakai dalam tingkat sangat terbatas.

Tembakau adalah produk pertanian semusim yang bukan termasuk komoditas pangan, melainkan komoditas perkebunan. Produk ini dikonsumsi bukan untuk makanan tetapi sebagai waktu pengisi waktu luang atau hiburan, yaitu sebagai bahan baku rokok dan cerutu. Tembakau juga dapat dikunyah. Kandungan  metabolit sekunder yang kaya juga membuatnya bermanfaat sebagai oestisida dan bahan baku obat.

Tembakau adalah produk yang sangat sensitif terhadap cara budidaya, lokasi tanam, musim atau cuaca, dan cara pengelolaan. Karena itu, suatu kultivar tembakau tidak akan menghasilkan kualitas yang sama apabila ditanam di tempat yang berbeda agroekosistemnya. produk tembakau sangat khas untuk suatu daerah tertentu dan kultivar tertentu. Akibatnya, macam-macam produk tembakau biasanya dinamai sesuai lokasi tanam.

Temanggung adalah salah satu daerah penghasil tembakau terbaik. Karena tekstur tanah dan cuaca sangat baik untuk perkembangan tembakau tersebut. Tempat yang berada di kaki gunung inilah yang membuat begitu banyak masyarakat lokal bekerja sebagai petani tembakau. Sumber mata pencaharian di temanggung adalah petani tembakau.

Tembakau buruk
Kualitas tembakau yang kurang baik.

Namun sudah beberapa tahun ini atau lebih tepatnya 3 tahun ini musim di Temanggung  sangat buruk. Hal ini sangat berdampak buruk bagi petani tembakau di temanggung karena hasil dari tembakau tersebut berkualitas sangat jelek tidak seperti pada musim kemarau. Sehingga harga jual tembakau  turun drastis dari biasanya. Hal tersebut membuat sebagaian masyarakat sini beralih profesi. Yang berawal dari petani tembakau berubah menjadi pedagang, penjual mebel, bahkan ada yang menjadi kuli bangunan. Hal ini menurut kami sangat disayangkan.