Terampil dan Kreatif dengan Mading Berbahasa Inggris ala SD Semen

Wonoboyo Temanggung – Sabtu (9/2), mahasiswa KKN Undip Tim 1 melaksanakan program monodisiplin berupa pembuatan mading berbahasa inggris atau dapat juga disebut dengan E-Wall (English Wall). Permbuatan mading ini merupakan salah satu media pembelajaran Bahasa inggris yang digunakan untuk merangsang kreatifitas anak dalam membuat konten-konten berbahasa inggris. Adapun sasaran dari program tersebut yaitu siswa kelas 3 SD.

Dalam mengerjakan pembuatan mading, siswa diharuskan mencari berbagai bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan mading seperti kertas, gunting, dsb. Untuk jenis kontennya sendiri tetap dibebaskan pada kreatifitas siswa yang ada.

Alhasil proses pembuatan mading berbahasa inggris berjalan cukup efektif dan efisien. Kondisi kegiatan belajar mengajar di kelas kian semakin kondusif karena setiap siswa dilibatkan dalam proses pembuatan mading. Menurut Bu Astri, salah satu guru kelas di SD Semen berkata bahwa pembuatan mading adalah oase dimana budaya kreatifitas melalui media mading mulai luntur. Tentu diharapkan pelatihan pembuatan mading ini akan menghidupkan kembali budaya literatur khususnya mading.