Karangtalok berburu

Jumat(13/1), Tim II KKN Undip Desa Karangtalok mengawali hari dengan melakukan kerja bakti GERMAS pengendalian hama tikus. Germas kepanjangan dari Gerakan Masyarakat.

karangtalok 2.1

Kerja bakti dilakukan untuk mengurangi hama tikus di sawah. Tiap seminggu sekali pada hari jumat saat menjelang musim panen kerap dilakukan kerjabakti.Puluhan hectare sawah di Desa Karangtalok terancam gagal panen, akibat serangan hama tikus. Kondisi ini membuat petani mengeluh karena binatang pengerat tersebut semakin sulit dibasmi.

Kegiatan kerjabakti dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB hingga terik matahari menyengat di atas kepala. Dalam kegiatan kerja bakti yang dikoordinir oleh Kepala Desa ini, Tim I KKN Undip membantu warga berburu tikus dengan membaur langsung bersama para warga dengan membawa alat pemukul tikus, alat pemukul tikus berupa tongkat kayu dan bambu, agar mempermudah dalam berburu hama tikus. Selain itu, ada warga yang membakar sarang tikus dengan api yang disemprotkan menggunakan gas lpg yang berisi 3 kg.

Warga Desa Karangtalok sangat antusias dalam melakukan kerjabakti.Tim KKN Undip dan warga desa Karangtalok mencari sumber dan lubang tikus. Aksi ini sangat memuaskan karena hasilnya puluhan ekor tikus berhasil ditangkap dan dibasmi.

karangtalok 2.2