Home » beranda » Tim KKN UNDIP Merencanakan Desain Renovasi Balai Desa dan TK yang Berstandar Nasional Indonesia (SNI)

Tim KKN UNDIP Merencanakan Desain Renovasi Balai Desa dan TK yang Berstandar Nasional Indonesia (SNI)

Diskusi Rencana Desain Renovasi Balai Desa dan TK Desa Mlatiharjo

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 18/02/2019 Tim KKN UNDIP Desa Mlatiharjo merencanakan desain renovasi balai desa dan TK Idhata Wonosido. Pembuatan desain ini merupakan program KKN yang sejalan dengan perencanaan perangkat desa pada tahun kedepan (direncanakan pada tahun 2021). Tujuan dari kegiatan ini adalah agar balai desa dan TK Indhata memiliki luas dan fasilitas yang berstandar nasional sehingga pengguna balai desa dan TK dapat dengan nyaman melakukan aktivitas di tempat tersebut.

Kegiatan ini dimulai dengan cara survei lokasi, kemudian survei kondisi eksisting balai desa dan TK dengan cara mengukur luas dan tinggi bangunan serta instalasi listrik. Setelah 4 hari survei yang dilakukan, maka dilakuakan perencanaan dengan cara berdiskusi bersama perangkat desa mengenai kondisi eksisting dan perencanaan yang diinginkan oleh perangkat desa. Setelah berdiskusi, Tim KKN UNDIP berdiskusi mengenai rencana kedepan sesuai rencana yang diinginkan dan standar pembangunan balai desa dan TK yang tercantum dalam SNI (Standar Nasional Indonesia).

Setelah itu, Tim KKN UNDIP berdiskusi kembali mengenai rencana balai desa dan TK. Hasil dari diskusi tersebut adalah membuat balai desa menjadi bangunan dua tingkat dan melebarkan bangunan TK. Setelah disetujui oleh perangkat desa maka Tim KKN UNDIP merencanakan desain renovasi balai desa dan TK dua dimensi menggunakan aplikasi autocad. Perencanaan desain dilakukan selama dua minggu yang dikerjakan di balai desa sehingga perangkat desa mengetahui perkembangan desain dan dapat memberikan desain terkait desain yang sudah dibuat.

Setelah desain selesai dibuat, maka Tim KKN UNDIP berdiskusi mengenai desain yang dibuat dan menyerahkan desain yang dibuat ke perangkat Desa. Nantinya desain yang sudah dibuat akan didiskusikan kembali bersama perangkat desa hingga menjadi rencanan anggaran biaya pembangunan berdasarkan harga konstruksi Kabupaten Kendal. Sebelum pembuatan RAB, Tim KKN UNDIP terlebih dulu membuat Detail Engineering Desain (DED) yang sehingga nantinya dapat berdiskusi lebih lanjut mengenai Rencana Anggaran Biaya (RAB). “Rencana desain dua dimensinya sudah bagus dan sudah diterima. Sudah sesuai dengan standar. Tinggal nanti di lain waktu berdiskusi mengenai RAB setelah DED sudah diselesaikan” ujar Pak Singgih salah satu perangkat desa.