Home » beranda » Cintai Budaya, Tim KKN UNDIP Menginisasi Pembuatan Video Profil Kesenian Kuda Lumping

Cintai Budaya, Tim KKN UNDIP Menginisasi Pembuatan Video Profil Kesenian Kuda Lumping

Pembuatan Video Profil

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 19/02/2019 Tim KKN UNDIP Desa Mlatiharjo menginisiasi pembuatan video profil kesenian kuda lumping Desa Mlatiharjo. Desa Mlatiharjo memiliki kelompok kesenian kuda lumping bernama Turonggo Mlati Kencana. Kelompok kesesenian ini telah sering tampil dan memenangkan perlombaan tingkat kecamatan maupun pada tingkat kabupaten. Namun, Tarian Turonggo Mlati Kencana belum begitu terkenal di luar Kendal sehingga TIM KKN UNDIP membuat video profil yang nantinya dapat terjaga budaya Desa Mlatiharjo. Dapat juga menarik generasi muda Desa Mlatiharjo terhadap kesenian kuda lumping sehingga dapat selalu berkarya. Tidak hanya itu, tujuan lain adalah mempromosikan kesenian kuda lumping ke luar Kabupaten Kendal.

Pembuatan video ini diharapkan sebagai sarana promosi dan branding yang efektif dalam menunjang eksistensi kesenian Desa Mlatiharjo khususnya Dusun Blimbing. Kegiatan ini dimulain dengan berkoordinasi dengan ketua kelompok kesenian Turonggo Mlati Kencana. Koordinasi ini untuk mendiskusikan hari dan tempat untuk pengambilan gambar, dan konsep video yang diinginkan. Setelah itu Tim KKN UNDIP berdiskusi mengenai konsep video profil berdasarkan keinginan dari pihak kelompok Turonggo Mlati Kencana. Setelah semua sudah siap, maka dilakukan pengambilan gambar wawancara dan latihan. Pangambilan gambar dilakukan pada malam hari dan berada di rumah ketua kelompok kesenian Turonggo Mlati Kencana.
Pembuatan Video Profil

Pembuatan Video Profil

Wawancara yang dilakukan adalah mengenai latar belakang, perbedaan kuda lumping Desa Mlatiharjo dengan yang lain, serta harapan dari ketua kelompok kesenian Turonggo Mlati Kencana. Wawancara dilanjutkan dengan mewawancarai remaja yang tertarik melestarikan kesenian kuda lumping dengan pertanyaan yang membuat remaja tersebut tertarik dan memberikan kalimat motivasi agar generasi muda yang lain dapat tertarik melestarikan kesenian kuda lumping. Pengambilan gambar dilanjutkan dengan merekam kegiatan latihan gamelan sebagai pengiring kuda lumping. Pembuatan video ini disambut baik oleh kelompok kesenian Turonggo Mlati Kencana. Mereka antusias dengan kegiatan ini dan berharap nantinya kesenian Turonggo Mlati Kencana dapat terkenal di luar Kabupaten Kendal. “Ya semoga nantinya dapat dikenal oleh orang-orang diluar Kabupaten Kendal sehingga banyak generasi muda yang melestarikan dan tidak hanya melestarikan namun juga dapat menjadi penghasilan bagi yang melestarikan budaya ini” ujar Pak Sampun yang merupakan ketua kelompok kesenian Turonggo Mlati Kencana.