Home » Lokasi KKN » Kab. Pekalongan » Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Tanamkan Nilai Antikorupsi Sejak Dini di SDN Kedungkebo

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Tanamkan Nilai Antikorupsi Sejak Dini di SDN Kedungkebo

Perwakilan Siswa SDN Kedungkebo mencoba menjelaskan antikorupsi 'berani' untuk maju ke depan kelas dan menjelaskan nilai-nilai antikorupsi lainnya.
Perwakilan Siswa SDN Kedungkebo mencoba menjelaskan antikorupsi ‘berani’ untuk maju ke depan kelas dan menjelaskan nilai-nilai antikorupsi lainnya.

Kedungkebo-Karangdadap (24/7) – Anak merupakan sumberdaya bagi Negara di masa depan. Menariknya, Indonesia akan mengalami bonus demografi yang akan diproyeksikan di masa mendatang sehingga menjadi sebuah kewajiban bagi seluruh masyarajat Indonesia untuk berinvestasi pada generasi mendatang, khususnya anak-anak baik dari sisi kesehatan, moral, dan lain sebagainya. Harapannya, investasi yang dilakukan saat ini akan membentuk sumber daya manusia berkualitas di masa depan.

Maraknya korupsi di Indonesia menjadi tantangan tersendiri untuk pemerintah dan masyarakat dalammencegah generasi berikutnya untuk terpapar bahkan melakukan tindak korupsi sehingga diperlukan sebuah pencagahan dini. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim II UNDIP menanamkan nilai-nilai antikorupsi sejak dini di sekolah. Mahasiswa KKN Tim II UNDIP memberikan contoh-contoh perilaku korupsi yang dapat dijumpai di lingkungan sekolah yang bersinggungan dengan siswa untuk memantik minat dan pengetahuan  siswa SDN Kedungkebo terkait perilaku korupsi seperti terlambat  datang ke sekolah, tidak mengerjakan pekerjaan rumah, dan berbohong.

Selain itu, mahasiswa KKN Tim II UNDIP mewanti-wanti dan menanamkan nilai-nilai antikorupsi meliputi jujur, peduli, disiplin, tanggungjawab, kerja sama, sederhana, kerja keras, berani dan adil. Untuk memantik dalam mengingat dan implementasi nilai-nilai tersebut, mahasiswa KKN Tim II UNDIP juga mengajak siswa SDN Kedungkebo untuk menyanyi beberapa lagu yang mengandung nilai-nilai antikorupsi dan bermain games dan membawa pesan antikorupsi. Para siswa SDN Kedungkebo menyambuat dengan baik dan antusias dalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai antikorupsi tersebut. Selain itu, bernyanyi dan bermain games mahasiwa KKN Tim II UNDIP juga memberikan hadiah untuk mengapresiasi antusiasme siswa.

Editor Solikhin