Home » Lokasi KKN » Kab. Pekalongan » Pendampingan Penggunaan Akuntansi UKM : Perencanaan Keuangan yang Baik (Keluarga dan Usaha Konveksi Batik)

Pendampingan Penggunaan Akuntansi UKM : Perencanaan Keuangan yang Baik (Keluarga dan Usaha Konveksi Batik)

akuntansi ukm

Pegandon-Karangdadap. Desa Pegandon merupakan salah satu desa yang berkecimpung di dalam industri konveksi batik. Hal ini diikuti dengan banyaknya masyarakat yang menjadi pelaku usaha ataupun bekerja sebagai buruh dalam suatu konveksi batik. Di Desa Pegandon, kebanyakan jenis batik yang diproduksi adalah batik cap. Para pelaku usaha konveksi batik biasanya bertindak sebagai supplier atau pemasok ke beberapa toko di daerah Solo dan Yogyakarta.

Pada hari Sabtu, 20 Juli 2019, KKN Tim II Undip yang ditugaskan untuk mengabdi di desa Pegandon melaksanakan satu program monodisiplin yang merupakan bagian dari bidang ekonomi dan berfokus pada akuntansi. Program yang berjudul Pendampingan Penggunaan Akuntansi UKM : Membantu Perencanaan Keuangan yang Baik (Keluarga dan Usaha Konveksi Batik) dibawakan oleh Gaby Laura Dwi Putri Tindaon dari S1 Akuntansi 2016. Berdasarkan survei dan observasi yang telah dilakukan pelaksana program selama minggu pertama, ditemukan data bahwa terdapat usaha konveksi batik di Desa Pegandon yang belum melakukan pembukuan, pencatatan, dan perhitungan persediaan yang seharusnya wajib dilaksanakan.

Dalam kegiatan ini, KKN Tim II Undip Desa Pegandon mengundang para pelaku usaha yang berasal dari kalangan pemuda/i desa yang lebih memiliki waktu luang untuk berpartisipasi dalam program. Kegiatan ini diawali dengan pengenalan pentingnya pembukuan dan pencatatan di dalam perencanaan keuangan. Lalu, pelaksana memperkenalkan sistem pembukuan dan pencatatan yang prakti dengan menggunakan aplikasi Akuntansi UKM yang dapat diunduh melalui Google Playstore. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan sesi simulasi, dimana pelaksana meminta seluruh pelaku usaha untuk mengunduh aplikasi tersebut dan memulai pengerjaan transaksi yang disediakan oleh pelaksana.

pencatatan akuntansi ukm

(Pelaksana mengajarkan peserta mengenai langkah-langkah dari pendaftaran usaha hingga pencatatan transaksi umum yang terjadi dalam suatu usaha konveksi.)

Kegiatan ini berjalan lancar dimana antusiasme para pelaku usaha terlihat sangat baik ketika pelaksana memulai sesi simulasi yang terdiri atas 3 bagian utama, yaitu :

  1. Pendaftaran usaha, pengaturan nama akun dan saldo awal sebelum pencatatan transaksi.
  2. Pencatatan transaksi yang umum terjadi dalam suatu usaha konveksi.
  3. Memperlihatkan output berupa laporan keuangan yang secara otomatis dapat dilihat setelah pencatatan transaksi selesai.

Pelaksana juga memberikan modul yang disesuaikan dengan materi presentasi dan simulasi yang dipaparkan. Modul tersebut dapat menjadi pedoman atau acuan bagi para pelaku usaha konveksi batik di Desa Pegnadon untuk melakukan pembukuan dan pencatatan melalui aplikasi Akuntansi UKM. Harapannya, para pelaku usaha juga mampu melakukan perencanaan keuangan yang baik untuk pribadi dan usaha serta membantu pengembangan kinerja operasional usaha secara keseluruhan.

Editor Solikhin