Home » Lokasi KKN » Kab. Pekalongan » KKN Undip Ikut Lestarikan Budaya Hari Raya Kurban di Desa Kwasen, Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang

KKN Undip Ikut Lestarikan Budaya Hari Raya Kurban di Desa Kwasen, Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang

VideoCapture_20190812-195824Pemalang – Minggu, 11 Agustus 2019, bersama dengan masyarakat di Desa Kwasen, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang Tim II KKN Undip berpartisiapsi pada kegiatan penyembelihan hewan kurban setelah menunaikan sholat pada hari raya Idul Adha 1440H. Jumlah hewan kurban yang disembelih berjumlah 1 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Kegiatan penyembelihan hewan kurban dilanjutkan dengan acara makan bersama. Budaya makan bersama setiap hari raya Idul Adha telah dilaksanakan secara turun temurun dan merupakan bentuk kearifan lokal dengan mengikuti salah satu dari sunah Nabi Muhammad Sholallohualaihiwassalam. Salah satu manfaat dari pelestarian budaya ini adalah dapat mempererat tali silaturahmi, persaudaraan, kebersamaan, dan gotong- royong. Tidak hanya bapak-bapak, ibu-ibu, pemuda, dan remaja, anak-anak pun sangat antusias menghadiri acara penyembelihan hewan kurban bersama dengan Tim KKN Undip. Warga masyarakat tampak kompak berbagi tugas, ada yang menyembelih hewan kurban, memproses daging, dan membagi daging.┬áIbu-ibu bertugas menyiapkan masakan bagi bapak-bapak, pemuda, remaja maupun anak-anak yang ikut hadir pada acara tersebut. Pembagian tugas terorganisasi dengan baik sehingga dapat berjalan dengan lancar dan efisien. Setelah prosesi pemotongan hewan dan pembagian daging hewan kurban, dilanjutkan dengan makan bersama dengan menu masakan olahan daging hewan kurban.

Tim II KKN Undip memberi apresiasi atas kelancaran kegiatan penyembelihan dan pendistribusian daging hewan kurban sampai kepada pihak yang berhak menerimanya. Pengalaman makan bersama dengan menu olahan daging hewan kurban menjadi pengalaman hidup yang tidak akan terlupakan. KKN Undip Desa Kwasen, Jaya!!!

Editor: Sunarno