Manfaatkan Buah Lerak, Tim KKN Tematik Lerak Batik Undip Ciptakan Gel Rambut dan Masker Peel Off

Pedurungan (21/08) – Dwi Cahya Prihandoko, Mahasiswa Perikanan KKN Tematik Universitas Diponegoro melaksanakan program monodisiplin “Pembuatan gel rambut dan masker peel off dengan penambahan ekstrak buah lerak”. Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan dapat menambah varian produk dari CV. Rena.

Kegiatan monodisiplin ini dimulai dengan pemilihan bahan baku yang alami dan meminimalkan penggunaan bahan kimia pada kedua produk yang berbasis kosmetik tersebut, kemudian trial and error juga dilakukan untuk mengetahui konsentrasi dari setiap bahan yang dibutuhkan pada pembuatan gel rambut dan masker peel off dengan tujuan untuk mendapatkan hasil terbaik, kemudian akan dilakukan praktik secara langsung untuk menjelaskan cara pembuatan kepada pemilik CV Rena.

Menurut penelitian sebelumnya, bahwa ekstrak buah lerak sebagai obat jerawat. Selain itu, penambahan ekstrak lerak yang dilakukan pada pembuatan gel rambut juga memberikan efek lembut pada rambut setelah dibilas dengan air yang biasanya hal tersebut dilakukan setelah pemakaian gel rambut, percobaan tersebut juga telah dilakukan oleh mahasiswa Perikanan lainnya yaitu Alip (24) “Tekstur sudah menyerupai gel rambut yang berada di pasaran, memberikan efek keras saat digunakan ke rambut layaknya kegunaan umum gel rambut, namun mudah dibilas dan memberikan efek lain yang berbeda dengan gel rambut lain yaitu lembut pada rambut setelah pembilasan”.

Selanjutnya produk-produk ini akan di teliti di laboratorium berkaitan dengan keamanannya untuk digunakan oleh masyarakat umum. Penelitian meliputi syarat-syarat yang dibutuhkan untuk memperoleh sertifikat layak edar seperti SNI, BPOM dan Halal.

Dengan dilaksanakannya kegiatan monodisiplin ini diharapkan CV. Rena yang merupakan UMKM sasaran KKN Tematik Lerak Batik dapat menambah varian produk baru berbasis kosmetik, untuk menarik minat konsumen terhadap produk dengan bahan baku lerak karena alami dan diyakini mampu bersaing dengan produk kosmetik berbahan baku alami lainnya.