Mahasiswa KKN Undip Berpatisipasi dalam Kegiatan Penanaman Toga Ibu PKK di Desa Bakung

Dokumentasi ibu-ibu PKK bersama mahasiswa KKN Undip sedang menanam TOGA

Demak, Sabtu (4/1) Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak menjadi salah satu Kecamatan yang pada periode ini mendapatkan penempatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro, Semarang atau yang disebut TIM 1 dalam periode kali ini terdapat 10 desa yang menjadi lokasi KKN yaitu desa Bakung, Ngalowetan, Bermi, Pecuk, Pasir, Tanggul, Geneng, Bantengmati, Mlaten dan Mijen. Salah satu kelompok KKN UNDIP TIM 1 yang ditempatkan di desa Bakung, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak dengan anggota Elijah Joel Mustamu (Adminitrasi Bisnis), Marvin Natanael Simanjuntak (Teknik Elektro), Ahyar (Ilmu Hukum), Hela Ayu Ramadhan (Kesehatan Masyarakat), Fina Arumsari (Kesehatan Masyarakat) dan Zharval Hasna (Teknik Arsitektur).

Pada minggu pertama,  Tim KKN berkesempatan mengikuti kegiatan rutin pertemuan Ibu – Ibu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) desa Bakung. Dalam pertemuan kali ini terdapat salah satu agenda yaitu Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di kebun PKK yang terletak disamping Balai Desa Bakung. Mahasiswa KKN Undip sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut dikarenakan kami diberikan kesempatan langsung untuk ikut menaman tanaman bersama ibu – ibu PKK. Kegiatan sangat asyik ditambah dengan tanah yang becek dan mengharuskan tim melepaskan alas kaki. Tanaman yang ditanam antara lain terdapat tanaman cabai, tomat, kunyit, temulawak, dan jahe. Berbagai jenis tanaman tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Bakung dan menjadi jenis tanaman herbal yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit berdasarkan jenisnya.

Setelah kegiatan penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) selesai dillaksanakan acara dilanjutkan dengan rapat pleno PKK Desa. Dengan penyampaian hasil rapat kecamatan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Desa Bakung dan diakhiri dengan pemberian informasi mengenai program kerja PKK selanjutnya. (KKN Undip Tim 1 Tahun 2020 Desa Bakung)

Editor : Rani Tiyas