Desa Sehat di Pekalongan? Bugangan Tempatnya

WhatsApp Image 2020-01-03 at 9.24.42 AM

Kedungwuni, Pekalongan (4/1) – Seiring berkembangnya zaman, berbagai penyakit semakin marak mengancam kesehatan masyarakat. Sejalan dengan itu diperlukan kesadaran yang tinggi  dari masyarakat untuk mencegahnya. Hal inilah yang telah dilakukan oleh masyarakat Desa Bugangan dengan mengadakan berbagai kegiatan rutin mingguan maupun bulanan yang bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat baik pada orang dewasa, remaja maupum balita.

Minggu pertama KKN Tim I Undip 2020, tepatnya pukul 08.00 WIB hari Jumat (3/1) diadakan senam rutin bagi ibu-ibu yang dikomandoi oleh instruktur senam terlatih. Acara yang diadakan di halaman TPQ Manba’ul Huda Desa Bugangan tersebut diikuti oleh puluhan ibu-ibu Desa Bugangan dan peserta KKN Undip. Kegiatan senam rutin mingguan tersebut dilatarbelakangi tekad untuk menjaga kebugaran sekaligus menjadi sarana refreshing ibu-ibu Desa Bugangan. Kegiatan tersebut didukung oleh ibu-ibu kader kesehatan desa yang selalu optimis menyongsong Desa Bugangan menjadi desa yang lebih sehat.

Tidak hanya kesehatan ibu-ibu yang menjadi perhatian masyarakat Desa Bugangan,  kondisi kesehatan pemuda-pemudinya juga menjadi prioritas. Pada hari yang sama, pukul 13.00 WIB, dilaksanakan Posyandu Remaja yang diikuti oleh remaja-remaja berusia 10 hingga 17 tahun di Balai Desa Bugangan. Kegiatan ini diprakarsai oleh bidan dan kader-kader pemuda kesehatan desa setempat. Tidak hanya pemerikasaan kesehatan saja, kegiatan tersebut disertai dengan senam oleh para remaja. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

WhatsApp Image 2020-01-08 at 10.24.42 AM

WhatsApp Image 2020-01-08 at 10.24.44 AM

Kegiatan rutin lainnya yang diadakan di Desa Bugangan adalah kegiatan donor darah. Kegiatan tersebut diikuti oleh masyarakat Desa Bugangan dan peserta KKN Undip yang memenuhi kriteria sebagai pendonor. Kegiatan yang diadakan rutin setiap bulan tersebut didukung oleh PMI Kabupaten Pekalongan sebagai ajang kepedulian masyarakat Desa Bugangan terhadap masyarakat khususnya Kabupaten Pekalongan yang membutuhkan donor darah.

WhatsApp Image 2020-01-08 at 10.24.47 AM

Desa Bugangan juga tidak lupa memerhatikan kesehatan para balita dengan mengadakan Posyandu Balita yang diselenggarakan setiap bulan. Sabtu (4/1) pukul 09.00 WIB, ibu-ibu Desa Bugangan membawa buah hatinya untuk menjalani pemeriksaan kesehatannya terutama terkait dengan pencegahan stunting. Pasalnya, di Kabupaten Pekalongan, tren balita yang mengalami stunting masih cukup tinggi sehingga pemerintah setempat sangat gencar melakukan pencegahan stunting yang dimulai dari lingkup yang paling kecil yaitu di kawasan desa terlebih dahulu. Di dorong oleh kondisi tersebut, ibu-ibu yang memiliki anak balita sangat antusias mengikuti program Posyandu Balita ini. Posyandu Balita yang berada di Desa Bugangan ini memiliki tiga pos yang tersebar di penjuru desa dengan waktu penyelenggaraan yang berbeda. Pada hari tersebut dilaksanakan di kediaman Bapak Husni Mubarok selaku Sekretaris Desa Bugangan.

Editor : Yuni Dwi Hastuti