Be A Smart MOM: Knowing about Stunting

Edukasi tentang Stunting di Balai Desa Ngawen

Pati (10/1) Be a Smart Mom: Knowing about Stunting menjadi program monodisiplin pertama yang dilaksanakan di Desa Ngawen. Kurangnya pengetahuan ibu terkait stunting membutuhkan perhatian khusus. Stunting sendiri merupakan suatu kondisi dimana anak mengalami pertumbuhan yang tidak maksimal, ia cenderung memiliki tinggi badan yang lebih pendek dari kebanyakan anak yang seusianya. Saat ini terdapat sekitar 7,3 juta anak Indonesia yang mengalami stunting. Kejadian stunting mengakibatkan adanya penurunan kualitas generasi Indonesia, produktifitas, dan  daya saing bangsa.  Pengetahuan ibu bisa sangat membantu dalam upaya pencegahan dan penanganan untuk kejadian stunting.

Kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan program posyandu balita pada hari Jum’at tanggal 10 Januari 2020 di Kantor Balai Desa Ngawen ini dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Peserta yang hadir ialah ibu dengan balita, nenek, atau pengasuh balita yang mengikuti program posyandu. Kebanyakan dari mereka terlihat memperhatikan dengan cermat ketika sedang diberikan penjelasan mengenai definisi, penyebab, dampak buruk, pencegahan, dan penanganan stunting. Materi yang disampaikan sudah tercantum dalam leaflet yang dibagikan di awal kegiatan. Hal lain yang disampaikan ialah menu makanan bergizi protein tinggi yang cocok untuk diberikan kepada anak sesuai dengan potensi tanaman palawija yang terdapat di desa Ngawen. Contoh menu yang ditawarkan ialah puding jagung ataupun puding kacang hijau. Metode memberikan makanan bergizi pada anak dengan kemasan yang berbeda diharapkan bisa meningkatkan nafsu makan anak dan terpenuhinya gizi selama anak masih dalam masa emas pertumbuhan.

Turut hadir pula Ibu Mulyati, Amd. Keb selaku Bidan Desa dan penasehat umum dari terselenggaranya acara ini. Kegiatan ini juga dibantu oleh empat orang kader posyandu.

Editor : Abdi Sukmono