REPORTASE MINGGU KE-1 TIM KKN DESA BOJONG KEC. MUNGKID KAB. MAGELANG

Tim KKN Desa Bojong terdiri dari Ryan Pramudia (FPIK), Handito (FH), Tantry Hapsari Hardiyani (FH), Nenden Dea Kartika (FT), Imam Islahuddin (FT), Rita Nuryanti (FK), Prima Kusuma Hapsari (FK), Stefanus Sendana (FSM), Slamet Karim (FSM), dan Dinar Yuliati (FPIK). Pada tanggal 14 Januari 2014, tim KKN Desa Bojong tiba di Desa Bojong sekitar jam 12.30. Setibanya di posko, tim KKN melakukan kegiatan bersih-bersih, menata ruangan dan memasang MMT sebagai tanda posko.

1

Malam harinya, tim KKN berkumpul untuk membicarakan kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya .

            Pada tanggal 15 Januari 2014 jam 08.00, tim KKN mengikuti upacara penerimaan di kantor Kecamatan Mungkid bersama Kades, Muspika Mungkid, dan dosen pembimbing lapangan yang dipimpin oleh Bapak Camat Mungkid.

2

Setelah itu, tim KKN kembali ke posko dengan melewati rute baru. Tim KKN melewati Dusun Legoksari, Kaliagung dan Taji. Sore harinya, tim KKN datang ke rumah RW dan Kadus untuk bersilahturahmi. Tim KKN menjelaskan bahwa di Desa Bojong terdapat kegiatan KKN dari mahasiswa Universitas Diponegoro dan memohon izin untuk melaksanakan kegiatan.

Pada tanggal 16 Januari 2014, tim KKN Desa Bojong berolahraga pagi ke Dusun Bojong Wetan dan Kojor. Desa Bojong dengan desa lain dipisahkan oleh sungai.

3

Sekitar jam 09.00, tim KKN datang ke Kantor Kepala Desa Bojong untuk bersilahturahmi. Disana, tim KKN disambut oleh pihak perangkat desa dan Kadus. Tim KKN Desa masing-masing memperkenalkan diri. Kades menerima dan mendukung baik maksud kedatangan tim KKN serta program dan kegiatan yang akan dilakukan di Desa Bojong.

4

Lalu, tim KKN Desa Bojong bersilahturahmi dengan bidan desa tepatnya di Dusun Jarakan. Disana tim KKN menceritakan program yang akan dilakukan selama 35 hari, khususnya kesehatan. Bidan desa mengizinkan tim KKN Desa Bojong untuk datang ke Posyandu serta melakukan program disana. Kemudian, tim KKN datang ke kantor BPJS cabang pembantu untuk mengambil brosur. Sesampainya disana, brosur tinggal sedikit dan tidak cukup untuk dibagikan kepada warga di Desa Bojong. Tim KKN diminta untuk datang langsung mengambil brosur ke kantor utama BPJS Kabupaten Magelang. Saat sore hari, anak-anak Desa Bojong datang ke posko meminta bimbingan belajar dari tim KKN. Mereka membawa tugas dari sekolah untuk dikerjakan bersama. Bimbingan belajar dimulai setelah sholat ashar menjelang maghrib. Setelah sholat maghrib, anak-anak datang kembali untuk belajar mengaji dibimbing oleh tim KKN Desa Bojong

5

Malam harinya, Kordes tim KKN memberi arahan kegiatan apa saja yang akan dilakukan esok hari.

Pada tanggal 17 Januari 2014, tim KKN Desa Bojong datang ke SD Negeri 1 Bojong. Disana tim KKN tidak bisa bertemu dengan Kepala Sekolah SD Negeri 1 Bojong dikarenakan beliau sedang rapat sehingga kami bertemu dengan perwakilan sekolah. Setelah itu, tim KKN datang ke SMP Negeri 1 Mungkid. Tim KKN diterima dengan senang hati oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Mungkid. Tim KKN menjelaskan program-program apa saja yang akan dilakukan di sekolah serta memohon izin untuk melakukan program di SMP Negeri 1 Mungkid. Tim KKN diberikan izin oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Mungkid.

6

Sore harinya, tim KKN Desa Bojong melakukan bimbingan belajar kepada anak-anak di Desa Bojong yang dilanjutkan dengan belajar mengaji. Malam harinya, tim KKN berkumpul bersama untuk sharing pengalaman masing-masing yang sebelumnya dimulai dengan memperkenalkan diri. Kumpul bersama tersebut dimaksudkan agar tim lebih mengenal dan akrab satu sama lain. Selanjutnya, Kordes tim KKN memberikan arahan untuk kegiatan esok hari.

Pada tanggal 18 Januari 2014, tim KKN Desa Bojong datang kembali ke SD Negeri 1 Bojong. Tim KKN bertemu dengan Kepala Sekolah SD Negeri 1 Bojong. Disana tim KKN menceritakan maksud kedatangan dan memohon izin untuk melaksanakan program di SD Negeri 1 Bojong. Kemudian, tim KKN mengikuti Musrenbangdes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) di balai Desa Bojong. Selain tim KKN, Musrenbagdes dihadiri oleh perwakilan tiap dusun, Posyandu, kelompok petani dan sekolah.  Musrenbangdes membicarakan pembangunan atau proyek tiap dusun. Banyak keluhan yang diutarakan, dan yang menentukan prioritas adalah Kades, Sekdes, serta pihak desa lainnya. Siang harinya, tim KKN memesan MMT untuk petunjuk arah menuju posko.

7

Kemudian, Kordes mengikuti rapat di Desa Rambeanak yang diikuti oleh semua Kordes di Kecamatan Mungkid.

Pada hari Minggu, tanggal 19 Januari 2014 tim KKN datang ke rumah Kadus Purwosari untuk meminta izin akan melakukan program di Posyandu Purwosari. Tim KKN diberikan izin untuk melakukan program esok hari. Tim KKN membuat pembuangan lubang tempat sampah di dekat posko.

8

Pada tanggal 20 Januari 2014, ada 4 program yang dilakukan oleh tim KKN Desa Bojong. Dinar Yuliati dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan jurusan Perikanan melakukan program sosialisasi minyak ikan dan pembagian minyak ikan kepada balita. Rita Nuryanti dari Fakultas Kedokteran jurusan Ilmu Gizi melakukan sosialisasi porsi bahan makanan seimbang kepada ibu-ibu. Prima Kusuma Hapsari dari Fakultas Kedokteran jurusan Ilmu Gizi melakukan program penyegaran kader tentang pengukuran antropometri dan pemantauan status gizi balita.

9

10

Setelah itu, tim KKN membuat papanisasi untuk petunjuk arah menuju posko.

11