Ketua RT Idaman, Warga Sejahtera

Pemilihan ketua RT 7 RW 2 Desa Sidomulyo
Pemilihan ketua RT 7 RW 2 Desa Sidomulyo

 

Sidomulyo-Pagerbarang, Tegal (15/1) Mahasiswa KKN Undip Desa Sidomulyo mengikuti kegiatan pemilihan ketua rukun tetangga (RT) di 14 RT Desa Sidomulyo. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari selama 14 hari tepatnya pada malam hari pukul 20.00-22.00 WIB dimulai sejak 6 Januari 2019 dan bertempat di salah satu rumah warga pada masing-masing RT. Tujuan dari kegiatan ini selain untuk memilih ketua RT, juga sekaligus untuk mengumpulkan aspirasi masyarakat terkait kondisi masing-masing wilayah RT. Desa Sidomulyo sendiri memiliki dua RW dimana pada setiap RW terdiri atas tujuh RT. Sehingga total RT di Desa Sidomulyo yakni sebanyak 14 RT.

Pemilihan ketua RT dihadiri oleh perangkat desa yakni sekretaris desa, Bapak Erwin dan kasi pemerintahan, Bapak Burhanudin serta masyarakat setempat. Kegiatan ini sekaligus sebagai ajang perkenalan bagi mahasiswa KKN Undip dengan masyarakat Desa Sidomulyo. Acara dibuka oleh salah satu mahasiswa KKN Undip kemudian dilanjutkan dengan perkenalan diri serta program KKN masing-masing mahasiswa. Selanjutnya acara diserahkan kepada kasi pemerintahan untuk memandu proses pemilihan ketua RT. Voting atau pengumpulan suara terbanyak menjadi cara untuk memilih ketua RT. Pemilihan ketua RT berjalan lancar dan kompetitif mengingat bahwa selalu terdapat lebih dari 1 calon ketua RT yang diajukan. Selain itu antusiasme warga juga cukup tinggi dilihat dari semangat mereka untuk mengajukan diri sebagai calon ketua RT.

Setelah pemilihan ketua RT, acara dilanjutkan dengan pengumpulan aspirasi masyarakat terkait sarana dan prasarana yang perlu diperbaiki atau dibutuhkan oleh masyarakat setiap RT seperti pembuatan drainase, pengolahan sampah dsb. Pada sesi ini terlihat masyarakat menjadi lebih antusias untuk menyampaikan aspirasi atau keluhan yang ada di lingkungannya. Seluruh aspirasi kemudian ditampung oleh sekretaris desa untuk didiskusikan lebih lanjut bersama dengan perangkat desa.

Direview Oleh: Nurhadi Bashit