Walaupun Sudah Lanjut Usia, Jaga Kesehatan Itu Tetap Penting!

IMG_8217

Pekalongan (08/01) – Mahasiswa KKN UNDIP bersama para lansia melakukan senam sehat lansia tepatnya di Dusun 5 Desa Ambokembang. Kegiatan senam ini dilaksanakan pada pukul 08:00 sampai pukul 09:00 pagi. Sebagian besar kegiatan senam lansia diikuti kaum ibu-ibu yang dilatarbelakangi memiliki riwayat penyakit degeneratif seperti hipertensi dan diabetes melitus. Kegiatan senam lansia ini merupakan kegiatan rutin sebulan sekali yang diadakan oleh posyandu lansia di Desa Ambokembang. Posyandu lansia ini terdiri dari 5 kader yang didalamnya ada tenaga kesehatan. Selain melakukan kegiatan senam, mereka juga mendapatkan pelayanan kesehatan lain seperti pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah dengan metode gluko rapid test (glucometer), pemeriksaan kadar kolesterol, serta pemeriksaan asam urat. Lansia yang memiliki program pengobatan lanjut seperti hipertensi dan diabetes melitus mendapatkan obat dari tenaga kesehatan terkait.

IMG_8240

Dalam kesempatan ini, Mahasiswa Jurusan Ilmu Kepeawatan, Sindy Vidiana memberikan penyuluhan seputar hipertensi dan diabetes melitus kepada lansia yang mengikuti kegiatan tersebut. Penyuluhan ini meliputi etiologi dari penyakit degeneratif yang menyerang lansia, faktor risiko terjadinya hipertensi dan diabetes melitus pada lansia, pengobatan, serta pengaturan pola makan yang baik bagi lansia.

Para lansia antusias dalam mendengarkan dan bertanya seputar diabetes dan hipertensi. Lansia menyadari tentang pentingnya menjaga pola makan seperti mengurangi makanan yang terlalu asin bagi penderita hipertensi, dan mengurangi konsumsi gula bagi penderita diabetes melitus. Lansia juga mengungkapkan pentingnya kegiatan olahraga seperti senam demi menunjang kebugaran dan kesehatan mereka.

IMG_8220

Dengan diadakannya kegiatan senam lansia serta skrinning kesehatan secara periodik, diharapkan kesehatan lansia di desa Ambokembang ini tetap terpantau dan lebih semangat dalam melakukan aktifitas fisik seperti olahraga. Hal ini sangat penting karena merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan kekuatan, daya tahan, serta kelenturan otot yang memberi dampak dalam mengurangi resiko penyakit degeneratif lain seperti osteoporosis serta PJK (Penyakt Jantung Koroner).