KKN Undip Manggihan Gelar Pelatihan Bento

PEMAPARAN PROGRAM KERJA MONODISIPLIN

(Manggihan 22/01) Dalam pelaksanaan KKN mahasiswa wajib melakukan 2 program Monodisiplin sesuai dengan penerapan ilmu masing-masing. Hari ini telah dilaksanakan pemaparan program kerja monodisiplin oleh 3 mahasiswa peserta KKN, yang berjudul “Edukasi dan Pembimbingan Sensus Penduduk 2020” oleh Ika Kartika dari jurusan Statistika, “Pelatihan Pembuatan Bento” oleh Naufal Dayyan dari jurusan sastra jepang dan “Pemanfaatan Sampah untuk Vertikultur Tanaman Obat” oleh Daru Pangestu dari jurusan Managemen Sumberdaya Perairan. Pada ketiga mahasiswa tersebut memliki sasaran program yang sama, yaitu ibu-ibu PKK Desa Manggihan.

Untuk program monodisiplin “Edukasi dan Pembimbingan Sensus Penduduk 2020” oleh Ika Kartika, bertujuan untuk memberitahu bahwa pentingnya tercatat dalam sensus penduduk selain itu menginformasikan sensus penduduk 2020 menggunakan sistem konsep gabungan, yaitu konsep wawancara dan online. Pelaksanaan sensus Penduduk dengan sistem online bisa di akses dari 15 februari 2020 – 31 Maret 2020, dengan mengakses sensus.bps.go.id setelah itu memasukkan NIK dan Nomer KK masing-masing penduduk. Untuk penduduk yang tidak mendapatkan akses internet atau  lupa mengkases sensus penduduk bisa didaftarakan melalaui konsep tradisional yaitu dengan wawancara pada 1-31 juli 2020.

Untuk program monodisiplin “pelatihan pembuatan bento” oleh Naufal, bertujuan untuk meningkatkan kreativitas ibu-ibu PKK dengan cara menyusun makanan seperti budaya jepang yaitu bento. Bento ini bertujuan untuk dapat meningkatakan nafsu makan anak-anak desa Mangggihan. Pada pelaksanaan mono ini ibu-ibu sangat antusias dalam menghias makananya.

Untuk program monodisiplin “vertikultur tanaman obat” oleh daru, bertujuan untuk memanfaatkan botol bekas sebagai media tanam untuk tanaman obat (tanaman binahong merah). Binahong merah ini bertujuan untuk mengobati luka, mengobati penyakit mag dll.