Peran Serta Mahasiswa dalam Posyandu di Desa Cangak, Kecamatan Bodeh

 

 

REPORTASE 1.2
Gambar 1. Mahasiswa membantu menimbang bayi dan balita di Posyandu

Pemalang – Senin (16/1) Setelah diberi waktu seminggu untuk survey di lapangan, seluruh tim anggota KKN Tim 1 Undip harus segera merencanakan program yang akan dijalankan di masing-masing desa tempat mereka mengabdi. Tidak berbeda dengan tim kami, KKN Tim 1 Undip Desa Cangak, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Semua telah disusun pada minggu awal kedatangan hingga minggu ini program sudah dapat dijalankan.

Kebetulan di desa Cangak akan diadakan Posyandu yang bertempat di aula Balaidesa Cangak, dimana seminggu sebelumnya para mahasiswa yang tergabung dalam KKN Tim 1 Undip Desa Cangak sudah berkoordinasi dengan pihak terkait yaitu Ibu Suprapti selaku pengemban tanggung jawab dalam pelaksanaan Posyandu di Desa Cangak, untuk mengijinkan

REPORTASE 1
Gambar 2. Penyuluhan tentang gizi bayi dan balita

para mahasiswa untuk ambil bagian dalam membantu berlangsungnya Posyandu juga menyampaikan program mereks.  Persetujuan didapat, dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 11.30 WIB ada sejumlah 39 yang hadir di sana, semua tercatat pada buku tamu. Tahapan awal adalah mengisi buku tamu, kemudian penimbangan bayi, dilanjut penyuluhan kepada ibu-ibu yang datang antara lain edukasi tentang Optimalisasi Gizi Balita disampaikan oleh Putri Lintang Novem, mahasiswi jurusan Kedokteran Umum dan sosialisasi tentang Menu Makanan Bergizi Untuk Meningkatkan Berat Badan Bayi dan Balita disampaikan oleh Faridatul Umaroh, mahasiwi Fakultas Kesehatan Masyarakat dan yang terakhir adalah penghitungan tensi darah. Antusias terlihat baik dari Ibu maupun balita yang hadir dalam kegiatan saat itu.

Dengan bantuan yang teah diberikan oleh para mahasiswa, diharapkan dapat memberikan manfaat untuk perkembangan balita Desa Cangak dan masyarakat Cangak pada umumnya.

Review : AMS, 29 Januari 2017