Mahasiswa Undip Ajak Warga Nogosaren Jangan Boros Listrik

r

Sabtu (25/01),  telah berlangsung kegiatan Edukasi Penghematan Energi Listrik kepada masyarakat Dusun Karangbawang khususnya pemuda karang taruna. Pengedukasian ini dilakukan sebagai salah satu upaya pemecahan permasalahan listrik di Dusun Karangbawang. Dusun yang merupakan dusun tertinggi ke-3 di Kabupaten Semarang cukup sulit mendapatkan daya listrik yang cukup besar.

Kegiatan ini dipimpin oleh salah satu anggota TIM I KKN Undip Tahun 2020 Desa Nogosaren yang berasal dari Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro, yaitu Rivaldi Juswan. Kegiatan pelatihan ini diawali dengan pemberian materi bagaimana cara menghemat energi listrik serta penggunaannya secara bijak yang kemudian dilanjutkan dengan mengajarkan bagaimana cara menghitung biaya pemakaian daya listrik kepada karang taruna. Acara yang terakhir yakni diisi dengan pemberian secara simbolis booklet Edukasi Penghematan Energi Listrik kepada perwakilan karang taruna.

Pemuda karang taruna sangat antusias dengan adanya kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat bermanfaat karena bisa menambah pengetahuan tentang bagaimana cara menghemat penggunaan energi listrik kepada pemuda dan warga serta menggunakannya secara bijak dan juga pengetahuan cara menghitung biaya pemakaian energi listrik.” ungkap Wahyono, selaku Ketua Karang Taruna Dusun Karangbawang. Peserta kegiatan juga berharap hasil dari kegiatan ini dapat direalisasikan langsung di rumah masing-masing, serta diajarkan kepada warga lainnya sehingga dapat menghemat pemakaian energi listrik.