Mengenal rencana garis pada kapal dan dunia kemaritiman

Mengenal Rencana Garis Pada Kapal dan Dunia Kemaritiman

Dunia kemaritiman merupakan suatu pengetahuan yang penting dalam menambah wawasan pada saat mengenyam dunia pendidikan. Saat ini Indonesia sedang berupaya untuk menuju negara Poros Maritim Dunia yang akan meliputi pembangunan proses maritim dari aspek infrastruktur, politik, sosial-budaya, hukum, keamanan,dan ekonomi. Adapun dilakukannya penegakkan kedaulatan wilayah laut NKRI yaitu melakukan perbaikan pada sektor-sektor ekonomi kelautan, penguatan dan pengembangan koneksi pelayaran antar pulau, melakukan rehabilitasi terhadap kerusakan lingkungan, serta peningkatan kualitas dan kuantitas SDM kelautan.

Kamis 16/1 dan Jum’at 17/1, Kegiatan diawali dengan pengenalan akan dunia kemaritiman serta dunia perkapalan. Sosialisasi diikuti dengan antusias oleh siswa-siswi SD N 1 Sendangmulyo dan SMP N 1 Sarang. Materi mengenai rencana garis pada kapal dan dunia kemaritiman merupakan hal yang baru bagi siswa-siswi SD dan SMP tersebut. Sebagaimana kami ketahui bahwa anak-anak SD serta SMP tersebut baru menyadari akan betapa luas dan kayanya Indonesia, cara mendesain kapal dari proses awal-akhir dan mata pelajaran mengenai wawasan nusantara belum pernah diajarkan disekolah. Aini siswi SD 1 Sendangmulyo dan Ali sebagai siswa SMP 1 Sarang berharap sebagai generasi penerus bangsa harus bisa mampu menjaga keutuhan maritim yang ada Indonesia serta mampu mengelola dan mengembangkan dunia maritim secara bijaksana dan bertanggung jawab dalam menjaga NKRI.

Dalam dunia perkapalan pula tidak mudah dalam melakukan penjagaan akan Indonesia. Perlu diadakannya penyuluhan dan sosialisasi pula dalam dunia pendidikan agar siswa semakin memahami akan pentingnya pula akan dunia perkapalan. Proses pembangunan kapal tidaklah mudah, butuh usaha, keterampilan yang ekstra dalam mendesain kapal, menyusun jenis material yang dibutuhkan pada kapal agar kapal bisa berlayar lebih baik dan aman untuk rute pelayaran yang bisa dikatakan lumayan jauh agar bisa menjaga keutuhan NKRI. (Rev / Ear)

Materi kemaritiman

Foto : Saat pemberian materi kepada para siswa SD dan SMP