POS, POS APA YANG PELAYANAN TERPADU? POSYANDU, DONG.

Sendangagung, Rembang  ̶  Posyandu merupakan wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh, dan untuk masyarakat yang biasanya dibimbing oleh Bidan setempat. Menurut Depkes, tujuan dilaksanakannya Posyandu adalah untuk mempercepat penurunan angka kematian bayi, anak balita, dan angka kelahiran, mempercepat penerimaan NKKBS, dan meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan kesehatan dan lainnya yang menunjang, sesuai dengan kebutuhan.

Apakah kalian ingat lagu “Aku Anak Sehat”?

Aku Anak Sehat

Ciptaan AT Mahmud

Aku anak sehat tubuhku kuat

Karena ibuku rajin dan cermat

Semasa aku bayi selalu diberi ASI

Makanan bergizi dan imunisasi

Berat badanku ditimbang selalu

Posyandu menunggu setiap waktu

Bila aku diare ibu selalu waspada

Pertolongan oralit selalu siap sedia

 

Dalam kampanye untuk memperkenalkan Posyandu kepada masyarakat, sebuah lagu diciptakan oleh AT Mahmud berjudul “Aku Anak Sehat”. Lagu ini menadi lagu tema iklan Posyandu di televisi dan radio.

POSYANDU
Kegiatan Posyandu di Desa Sendangagung dilakukan rutin setiap bulan. Terdapat beberapa kegiatan pokok di Posyandu di Desa Sendangagung, yaitu penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak, pemberian makanan pendamping ASI dan vitamin A, pemberian PMT untuk anak yang tidak cukup pertumbuhannya kurang dari 200 gram/bulan) dan anak yang berat badannya berada di bawah garis merah KMS, memantau atau melakukan pelayanan imunisasi dan tanda-tanda lumpuh layu, memantau kejadian ISPA dan diare, memberikan penyuluhan tentang gerakan hidup sehat pada ibu dan anak, serta melakukan rujukan bila perlu.

BIDAN

Banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika mengikuti Posyandu, diantaranya membantu memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, penanggulangan diare, pelayanan peningkatan gizi melalui pemberian vitamin dan pil penambah darah, dan pemantauan pertumbuhan dan deteksi dini penyimpangan pertumbuhan balita.