Pengentasan Stunting di Desa Kalilembu

 

Pemaparan Materi
Pemaparan Materi Antropometri dan ASI Eksklusif

Rabu (29/01/2020)Kalilembu-Karangdadap, dilaksanakan pelatihan antropometri dan edukasi ASI Eksklusif kepada kader kesehatan serta

 

ibu bayi dan balita Desa Kalilembu. Pelatihan dan edukasi ini bertempat di Balai Desa Kalilembu. Ibu bayi dan balita sangat antusias untuk mengikuti pelatihan dan edukasi ini, terlihat dari kedatangan ibu-ibu yang tepat waktu. Selain ibu-ibu yang diundang dalam acara ini hadir pula bayi dan balita. Dosen pembimbing lapangan dr. Siti Fatimah, M.Kes ikut datang dan mendampingi dalam penyampaian materi.

Pelatihan antropometri yang diberikan berupa pemberian edukasi terkait bagaimana cara pengukuran yang tepat terutama pada pengukuran panjang badan bayi. Pelatihan ini diberikan karena masih digunakannya meteran dalam pengukuran panjang badan bayi yang mengakibatkan tidak validnya hasil pengukuran. Selain itu, baru adanya inventaris tikar panjang badan yang diberikan oleh puskesmas dan belum diketahui cara penggunaannya oleh kader kesehatan.

Pemberian Materi Tambahan oleh Dosen Pembimbing Lapangan
Pemberian Materi Tambahan oleh Dosen Pembimbing Lapangan

 

Edukasi terkait ASI Eksklusif ditekankan pada manfaat dan pentingnya ASI Eksklusif untuk bayi usia 0-6 bulan. Banyaknya masyarakat yang memiliki budaya ‘ndulang’ atau menyuapi anak ketika menangis sehingga banyaknya anak yg tidak ASI secara eksklusif. Adanya alternatif lain dengan pemberian ASI perah yang diberikan oleh ibu bayi atau anggota keluarga lainnya.

Editor : Solikhin