Mahasiswa Undip Berikan Sosialisasi Upaya Pencegahan Stunting Melalui 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) Pada Ibu Hamil

reportase minggu ke 5Demak – Pada hari Rabu (29/1), telah dilaksanakan program monodisiplin yang dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan Kelas Ibu Hamil oleh mahasiswa Tim I KKN UNDIP Tahun 2020 yang bertempat di Rumah Bidan Desa Tanggul, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak.

Program monodisiplin yang dilaksanakan mengenai bagaimana cara mencegah dan menanggulangi anak stunting melalui 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Sosialisasi mengenai stunting ini perlu dilakukan untuk menurunkan angka kejadian stunting di Desa Tanggul. Adapun tips-tips yang dapat diimplementasikan oleh para ibu hamil untuk mencegah stunting yaitu melakukan pencegahan sejak masa kehamilan dengan mengonsumsi makan-makanan yang bergizi, melakukan pola asuh yang baik dan benar seperti segera melalukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan pemberian ASI eksklusif, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Dengan dilaksanakannya program tersebut, diharapkan para ibu hamil dapat menerapkan berbagai upaya baik yang bersifat preventif maupun promotif untuk mencegah terjadinya kasus stunting pada balita di Desa Tanggul.

Editor: Rani Tiyas