Mahasiswa KKN UNDIP Sadarkan Pentingnya Pengelolaan Sampah Melalui Bank Sampah

Multidisiplin_200209_0001

(Mijen, 5/2/2020), Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Desa Ngelowetan, Kecamatan Mijen Kabupaten Demak melakukan kegiatan sosialisasi Pendampingan Pemahaman Mengenai Kebersihan Lingkungan dan Pengelolaan Sampah Melalui Bank Sampah. Kegiatan ini dilakukan di Balai Desa Ngelo Wetan dan dimulai pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini merupakan puncak dari Program Multidisiplin KKN Tim I UNDIP Desa Ngelowetan 2020. Sebelum diadakannya kegiatan ini, terlebih dahulu sudah dilakukan sosialisasi ke pelajar baik RA maupun SD yang ada di Desa Ngelowetan.
Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Ngelowetan, Perangkar Desa Ngelowetan, PKK, dan Karang Taruna Lokajaya. Dalam kegiatan ini disampaikan materi pendukung sesuai dengan disiplin ilmu yang dikuasai oleh masing masing tim KKN Desa Ngelowetan. Penjelasan dibuka dengan pandangan hukum tentang Bank Sampah oleh Billy Panjaitan (FH) yang dilanjukan tentang dampak dampak sampah baik dari segi kesehatan, lingkungan, maupun social ekonomi oleh Yura WF dan Anggi Bela S (FKM). Selanjutnya pemaparan tentang Manfaat Bank Sampah dan Best Practice Desa Percontohan Bank Sampah oleh Efnus Al-Anba (FISIP) dan Maria T (FT). Sebagai penutup dipaparkan instrument penting Bank Sampah dari segi infrastruktur berupa Posko Bank Sampah oleh Isti Astetika S (FT).
Sasaran utama kegiatan ini adalah organisasi organisasi yang aktif di Desa seperti PKK dan Karang Taruna dengan harapan akan muncul kader kader peduli dan pemberdaya Bank Sampah yang memang sudah direncanakan sebelumnya. Selain itu, sasaran kegiatan ini juga melibatkan Kepala Desa dan perangkatnya dengan harapan instrument desa ini dapat lebih memperlancar dan mensukseskan Bank Sampah baik dari segi administratif maupun pendanaan. Dengan demikian tujuan untuk membentuk masyarakat yang sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah di Desa Ngelowetan bisa tercapai.Multidisiplin_200209_0004

 

Editor : Rani Tiyas