Pemanfaatan Pekarangan Rumah Warga dengan Menanam Sayuran Secara Vertikultur

Pemalang, Klareyan – Tim Pengabdian Masyarakat KKN Universitas Diponegoro periode 1 desa Klareyan, kecamatan Petarukan, kabupaten Pemalang melaksanakan “Pemanfaatan Pekarangan Rumah Warga dengan Menanam Sayuran Secara Vertikultur”.  Selasa(08/01/2019), kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dilaksanakan di Balai desa Klareyan dan di ikuti oleh kader PKK desa Klareyan. Dalam pelaksanaan kegiatan dipandu oleh Latifa Rachmawati dari Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Diponegoro.

Kata “Vertikultur” berasal dari 2 kata bahasa inggris berupa Vertical dan Culture. Vertical artinya tegak lurus atau menurun, dan Culture memiliki arti pemeliharaan, sehingga vertikultur dapat diartikan sebagai teknik pemeliharaan atau pengertian budidaya tanaman dengan pola vertikal (tegak lurus). Budidaya tanaman dengan metode vertikulur biasanya diterapkan pada tempat atau lahan yang sempit seperti didepan perkarangan rumah.

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut bertujuan agar warga desa Klareyan dapat memanfaatkan pekarangan rumah mereka menjadi lebih produktif dengan melakukan budidaya tanaman menggunakan metode vertikultur. Budidaya tanaman menggunakan metode vertikultur dengan bahan barang bekas seperti botol mineral atau plastik bekas kemasan dapat mengurangi produksi sampah plastik yang dapat mencemari lingkungan khusus desa Klareyan.