Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Safety Welding

Jrakah, Taman, Pemalang (05/07/19). Pada hari Jumat telah dilakukan program kerja “Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Safety Welding”, program kerja tersebut merupakan pelatihan bagaimana menerapkan K3 dalam prosedural kerja di bengkel las. Yang mana program ini dilakukan oleh Dinda Anisa Anggraini dari Tim II KKN 2019, kegiatan ini ditujukan untuk pelaku UMKM bengkel las. Kegiatan ini dilakukan agar pelaku UMKM bengkel las memperkecil resiko kecelakaan kerja yang mungkin terjadi sehingga pekerja tetap aman dan sehat.

Pengertian K3 adalah bidang yang berhubungan dengan keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja pada sebuah institusi ataupun lokasi proyek.

Arti K3 (Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja) secara khusus dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Pengertian K3 secara keilmuan; K3 merupakan ilmu pengetahuan dan penerapannya dalam upaya mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja.
  2. Pengertian K3 secara filosofis; suatu upaya yang dilakukan untuk memastikan keutuhan dan kesempurnaan jasmani dan rohani tenaga kerja pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya terhadap hasil karya dan budaya menuju masyarkat adil dan makmur.

Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan salah satu hal penting yang wajib diterapkan oleh semua perusahaan. Hal ini juga tertuang dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 pasal 87.