Penyuluhan Hukum Tentang Kawin Hamil di Luar Nikah dan Tanggung Jawab Bapak Biologis terhadap Anaknya dalam Pandangan Hukum Perkawinan Islam

(15/02) Lazimnya seorang perempuan hamil setelah menikah sehingga status anaknya sah dan jelas. Namun, sebagian ada yang mengalami ‘kecelakaan’ sehingga hamil di luar nikah, akibatnya tak jarang status perempuan dan calon bayinya dipertanyakan.

Sedihnya, tak jarang pria yang menghamili lari dari tanggung jawab alias kabur. Akhirnya ada pria lain yang berbaik hati dan rela menikahi perempuan hamil karena berzina. Dikutip dari muslim.okezone.com

Maka dari itu, tim pengabdian masyarakat Universitas Diponegoro memberikan penyuluhan kepada masyarakat di Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang. Begitu juga dengan topik peran bapak biologi terkait anaknya dalam perkawinan islam.

Muhyidin, S.Ag., M.Ag, M.H, memberikan penyuluhan terkait hamil di luar nikah. Menurutnya hamil di luar perkawinan dalam Islam merupakan hal yang haram. Namun jika sudah terlanjur, tindakan yang dapat dilakukan oleh pasangan tersebut adalah segera menikah dan bersiap untuk bertanggung jawab dengan perkembangan anaknya kelak.

Harapannya, masyarakat dapat lebih berhati-hati dalam berpasangan serta menahan nafsu jika sedang berpacaran.