OPTIMALISASI BAHAN PAKAN LOKAL UNTUK INDUK SUMBER BIBIT KAMBING DI KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG

Semarang (16 Juni 2019), Universita Diponegoro dipimpin Ir. Surono, M.P. melaksanakan Pengabdian Masyarakat Semarang dengan pendampingan persiapan pengurusan ijin edar produk olahan susu di KTT Rejeki Lumintu Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.

Tim Pengabdian dari Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Pakan, Departemen Peternakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro merencanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan memajukan peternakan yang dibudidayakan oleh peternak kecil (non industri).  Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat diawali dengan melakukan survei di wilayah Kabupaten Batang dengan pendampingan dari Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batang untuk menentukan Kelompok Tani Ternak (KTT) yang layak dan mau berkembang untuk dijadikan mitra kegiatan.

KTT pemelihara ternak kambing Desa Pesalakan Kecamatan Bandar Kabupaten Batang sebagai KTT mitra merupakan KTT yang melakukan usaha budidaya ternak kambing. Secara umum, usaha budidaya ternak kambing yang dilakukan masih kurang baik, utamanya dalam pemberian pakan yang tidak memperhitungkan kebutuhan nutrien ternak kambing. Pemberian pakan yang tidak memperhitungkan kebutuhan nutrien dapat menyebabkan produktivitas tidak mencapai optimum atau dapat menurunkan produktivitas ternak. Oleh karena itu, Tim Pengabdian dari Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Pakan, Departemen Peternakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro akan melakukan perbaikan manajemen pemberian pakan yang baik agar produktivitas ternak dapat meningkat.