Pengenalan Produk Ternak Unggas Yang Aman, Sehat, Utuh, Halal (ASUH) dan Pengolahannya di Kelurahan Pedurungan Lor, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang

Semarang (Mei, 2019) – Telah dilakukan program kerja pengabdian masyarakat “Pengenalan Produk Ternak Unggas Yang Aman, Sehat, Utuh, Halal (ASUH) dan Pengolahannya di Kelurahan Pedurungan Lor, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang”, program kerja pengabdian tersebut merupakan pemberian edukasi tentang informasi produk ternak yang sesuai dengan lingkungan masyarakat di sana. Yang mana program ini dilakukan oleh Rina Muryani, S.Pt., Ir.Warsono Sarengat, MS, Prof. Dr. Edjeng Suprijatna,MP dan Maulana H. Nasoetion, S.Pt., MP dari Tim Pengabdian Masyarkat 2019, kegiatan ini ditujukan untuk masyarakat umum. Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat mengetahui produk ternak unggas apa saja yang sesuai dengan sumber daya yang ada, sehingga tidak memunculkan masalah baru bagi lingkungan dan warga sekitar ketika memulai ternak unggas ini.

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat, oleh Tim Pengabdian Laboratorium Ilmu Produksi Ternak Unggas dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Pertemuan pertama,12 Mei 2019, adalah bagian dari kegiatan survei lokasi dan potensi, sedangkan 2 pertemuan berikutnya pada tanggal 22Juni dan 29Juni2019merupakan kegiatan utama pengabdian kepada masyarakat. Pada kegiatan tanggal 22 Juni 2019, materi Pengenalan Produk ternak unggas yang aman, sehat, utuh, halal (ASUH) dipaparkan oleh Tim, dan diikuti dengan kegiatan diskusi. Masyarakat kelurahan Pedurungan Lor disini diwakili oleh ibu-ibu PKK di kelurahan tersebut,melalui media audio visualyang dibuat Tim Pengabdian, bersama-sama menyaksikan film dokumentasi pemeliharaan unggas, proses pemotongan dan penanganannya sampai menjadi karkas ayam yang siap dipasarkan. Ciri-ciri daging ayam yang baik, daging ayam tiren (bangkai) dan daging ayam berformalin/berbahaya juga disampaikan dalam pemaparan materi pengabdian. Pengetahuan tersebut perlu didapatkan sehingga masyarakat dapat memilih produk ternak unggas dengan baik, sehingga kesehatan masyarakat terjaga.

Selain penanganan(termasuk: penyimpanan)produk unggas misal telur dan daging, penerapan teknologi/pengetahuan tepat guna berupa pengolahan produk ternak unggas,menjadi nugget dan bakso ditampilkan dalam kegiatan pendampingan pengabdian,(pertemuan 29Juni2019. Teknologi/pengetahuan pengolahan produk ternak unggastersebut dapat diimplementasikan dalam masyarakat di kehidupan sehari hari, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan konsumsi produk ternak unggas. Produk ternak unggas terolah juga dapat menjadi sumber pendapatan masyarakat apabila dikelola dan dipasarkan dengan baik. Produk olahan seperti nugget dan bakso yang memenuhi prinsip ASUH.Aman yaitu tidak mengandung bahaya biologi, kimiawi dan fisik), sehat (bergizi), utuh (tidak dikurangi atau dicampur bahan lain) dan halal (diperoleh dengan penyembelihan sesuai syariat Islam) untuk dikonsumsi.