Reportase Minggu Pertama KKN Online Tim 2 Undip Fahmi Maulana (FH) Kelurahan Jati Warna, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi.

TIM 2 KKN UNDIP: KELURAHAN JATI WARNA, KECAMATAN PONDOK MELATI, KOTA BEKASI

Survey Lokasi KKN

Kelurahan Jati Warna, Kota Bekasi (5/7) Mahasiswa Tim II KKN Undip Tahun 2020 dari KKN “Pulang Kampung” Kelurahan Jati Warna, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi pada hari Minggu (5/7) mengikuti rangkaian upacara pelepasan peserta KKN Undip Tim II Tahun 2020 yang dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Yos Johan Utama, S. H., M. Hum selaku Rektor Universitas Diponegoro yang diselenggarakan secara daring melalui platform Microsoft Teams. Teknis penerjunan peserta KKN dilakukan secara individu maupun berkelompok sesuai dengan kehendak masing-masing peserta, namun pengerjaan KKN tetap dilakukan secara individu, pelaksanaan kelompok hanya sebatas dengan perizinan. Peserta KKN diberikan waktu selama 42 hari dari hari pemberangkatan hingga hari penarikan/pemulangan peserta untuk melaksanakan kegiatan KKN sesuai disiplin ilmu masing-masing dengan tetap menerapkan physical distancing dan mematuhi protokol kesehatan. Tim II KKN Undip “Pulang Kampung” Tahun 2020 ditugaskan untuk meminta perizinan pelaksanaaan KKN secara mandiri kepada stakeholder terkait seperti Bappeda wilayah setempat, Kecamatan, Kelurahan, hingga tingkat RW dan RT apabila diperlukan. Setelah mendapatkan perizinan dan melakukan sosialisasi berkenaan dengan pelaksanaan KKN Online ini, mahasiswa KKN dapat terjun langsung untuk melakukan sosialisasi lebih lanjut ke lokasi-lokasi penerjunan KKN yang akan dijadikan sebagai lokasi pengabdian (seperti tingkat RT/RW).

Saya pribadi melaksanakan pengabdian KKN di lokasi penerjunan RT 3, RW 7, Komplek Kodam Jaya, Kelurahan Jati Warna, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi. Selama satu minggu pertama pelaksanaan KKN disini, saya telah melakukan beberapa kegiatan seperti survey lokasi, berdiskusi, sowan, meminta izin, dan melakukan koordinasi lanjutan dengan warga setempat dan stakeholder terkait seperti Ketua RT 3 dan Ketua RW 7. Kemudian juga dalam rangka pelaksanaan kegiatan program kerja, maka saya telah beberapa kali melakukan studi kepustakaan terkait dengan wabah Covid-19 yang terjadi di wilayah sekitar lokasi KKN. Setelah melakukan studi kepustakaan dan berdiskusi dengan warga setempat, kemudian saya menyusun, merancang dan mematangkan penerapan program kerja yang akan dilakukan di lokasi KKN setempat.

Suasana Lokasi KKN beserta Fasilitas Publik yang sudah tersedia
Fasilitas Publik yang ada di Lokasi KKN

Berdasarkan laporan dan diskusi saya dengan warga masyarakat setempat, permasalahan wabah Covid-19 di lokasi ini sudah dapat terbilang cukup terkendali dengan berbagai upaya yang telah dilakukan baik dari pihak RT/RW, Kelurahan dan Kecamatan, serta dari warga masyarakat itu sendiri. Kelurahan Jati Warna dan Kecamatan Pondok Melati sudah dapat terbilang relatif cukup aman dan menjadi Zona Kuning daripada virus Covid-19, karena dalam beberapa minggu terakhir tidak ada penambahan kasus positif pasien Covid-19 yang berasal dari lokasi ini. Hasil tersebut pun tak terlepas dari kinerja RT & RW setempat yang berkoordinasi dengan Kelurahan dan Kecamatan terkait dengan pemasangan berbagai macam fasilitas pencegahan Virus Corona seperti tempat cuci tangan beserta hand sanitizer yang ditempatkan di tempat-tempat publik seperti lapangan. Penerapan social distancing pun masih tetap diterapkan walau lokasi ini kini telah masuk ke dalam zona kuning, kegiatan yang bersifat pengumpulan massa seperti Sholat Jumat pun telah dilaksanakan dengan tetap menerapkan physical distancing dan melaksanakan protokol kesehatan seperti menjaga jarak antar shaf, melaksanakan wudhu dari rumah, dan membawa sajadah dari rumah masing-masing.