#X Ubah Mindset Bisnismu, Branding Produk Melalui Digital Marketing X-06-A-1#
Kab. Semarang – Sosialisasi Pemanfaatan Digital Marketing dan E-Commerce dilaksanakan pagi hari, pukul 09.30 WIB, bertempat di Kediaman Sdr. V.Nia Aprilia Riski Putri di Sedandang, Lemahireng RT04/RW 04, Kec. Bawen, Kab. Semarang, Jawa Tengah pada Rabu (8/7).
Pelaksanaan program kerja ke-I ini disambut dengan antusias dari para remaja IRSELA yang dihadiri oleh sembilan orang peserta sebagai perwakilan dari seluruh remaja yang ada diantaranya Cindi, Laras, Okta, Sela, Juju, Sri, Putri, Wiji, dan Risa. Kegiatan ini dilaksanakan ditengah pandemi covid-19 yang terjadi sehingga tetap harus menaati protokol kesehatan yang berlaku yakni dengan mengenakan masker serta menerapkan social distancing selama perkumpulan berlangsung.
Dalam sosialisasi dengan pemberian materi yang disampaikan oleh Mahasiswa KKN, V.Nia Aprilia Riski Putri menyampaikan penjelasan mengenai apa itu digital marketing dan juga e-commerce dengan tujuan semua peserta yang hadir dapat mengetahui betapa pentingnya digital marketing dan e-commerce di era sekarang ini dalam dunia bisnis.
Dilihat dari sebagian besar peserta yang hadir telah memiliki usaha online shop baik dalam bidang fashion ataupun makanan. Akan tetapi, sangat disayangkan karena hanya memanfaatkan media sosial whatsapp saja dalam melakukan pemasarannya. Sedangkan terdapat jenis-jenis digital marketing seperti Website, Instagram Ads, Facebook Ads, dan juga E-commerce Shopee yang dapat dimanfaatkan guna kebutuhan promosi ataupun dalam penjualan. Selain dibilang lebih efektif dan efisien juga untuk branding produk yang dijual lebih dikenal luas dipasar. Sehingga dapat meningkatkan income dengan mudah. Disamping itu, juga tidak membutuhkan biaya yang tinggi karena tidak perlu melakukan pendirian toko fisik yang nantinya akan menambah biaya operasional seperti biaya listrik, gaji pegawai, dll.
Sosialisasi merupakan merupakan bagian dari program kerja dari pelaksanaan KKN TIM II P2KKN Universitas Diponegoro. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta meningkatkan wawasan kepada remaja IRSELA mengenai pentingnya pemanfaatan digital marketing dan e-commerce untuk diimplementasikan dalam kegiatan bisnis khususnya pada era modernisasi dimana ketatnya persaingan serta kemajuan zaman yang semakin menutut untuk terus peka terhadap kondisi atau fenomena bisnis yang sedang terjadi agar mampu menjaga keberlanjutan bisnis yang dijalankan oleh remaja IRSELA.
Dengan adanya pelaksanaan sosialisasi ini, diharapkan dapat remaja IRSELA yang memiliki bisnis dapat mampu mengimplementasikan strategi pemasaran dengan memanfaatkan digital marketing dalam mempromosikan produk yang dimiliki serta menggunakan salah satu jenis e-commerce yakni Shopee dalam menjual produknya sehingga dapat lebih dikenal dikalangan masyarakat luas.