REPORTASE KKN DESA CEPOGO KEC.KEMBANG JEPARA MINGGU KE 3

  • Pengecekan kualitas air sumur untuk kelayakan air minum oleh mahasiswi Departemen Oseanografi

Pada hari Senin, 23 Januari 2017 telah dilakukan program monodisiplin dengan judul Pengecekan kualitas air sumur untuk kelayakan air minum. Program ini dilakukan di perkumpulan rutin ibu-ibu PKK di Desa Cepogo. Sosialisasi dan pengecekan kualitas air sumur ini dilakukan selama 2,5 jam. Tujuan pengecekan kualitas air sumur ini adalah ingin memberikan informasi terkait air minum yang layak di konsumsi sehari-hari. Terlihat bahwa antusias ibu-ibu PKK yang begitu besar dan setelah dilakukannya pengecekan air sumur, didapatkan bahwa air sumur para warga masih layak dikonsumsi.

1

 

  • Penerapan kaidah 5S pada UMKM guna meningkatkan produktifitas dan efisiensi oleh mahasiswa Teknik Industri

Pada hari selasa, 24 Januari 2017 telah dilakukan program monodisiplin dengan judul penerapan 5S pada UMKM guna meningkatkan produktifitas dan efisiensi. Program ini dilakukan di UMKM konveksi di Desa Cepogo. Program diawali dengan menjelaskan pentingnya penerapan 5S di UMKM serta menjelaskan bagaimana cara menerapkannya. Setelah itu dilakukan penerapan 5S di lantai produksi sesuai dengan prinsip 5S yaitu Sort, Set in Order, Shine, Standaize, dan Sustain. Setelah semua prinsip 5S diterapkan maka dilakukan penempelan poster 5S di dinding tempat produksi sebagai pengingat pegawai UMKM tetap menerapkan prinsip 5S. Diharapkan dengan berjalannya program ini dapat meningkatkan efisiensi dan meningkatkan produktifitas konveksi serta dapat menambah nilai estetika pada ruang produksi.

2

  • Revitalisasi Perpustakaan Desa oleh Mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan

Pada hari Rabu, 25 Januari telah dilakukan program monodisiplin dengan Judul “Pojok Baca Perpustakaan Srikandi” program  ini dilakukan selama 3 hari dimulai hari Senin 23 Januari – Rabu 25 januari 2016 .Dan untuk revitalisasi sendiri kegiatannya diantaranya yaitu, pelabelan buku, membuat nomor klasifikasi, dan selving  serta yang terakhir memberikan sebuah banner yang bertulisan “POJOK BACA” dengan tujuan untuk  menarik minat kunjung masyarakat di perpustakaan desa tersebut khusunya untuk masyarakat desa cepogo sendiri terutama pada anak-anak sekolah dasar. Karena di perpustakaan desa tersebut koleksi cukup memadai dari koleksi buku fiksi, non fiksi, majalah, ilmu pengetahuan, sejarah, agama, kesenian, ilmu terapan dll. Dengan mengelompokkan bahan pustaka sesuai dengan kelasnya serta pemberian label nomor klasifikasi tersebut untuk memudahkan masyarakat dalam mencari sumber informasi yang diinginnkannya dan perpustakaan terlihat lebih rapi sehingga akan memberikan ketertarikan minat kunjung masyarakat di Perpustakaan Srikandi Desa Cepogo tersebut.

3

  • KIE Pencegahan DBD dan Inovasi perangkap sederhana nyamuk oleh mahasiswa Kesehatan Masyarakat

Pada hari Kamis, 26 Januari 2017 Telah dilaksanakan kegiatan berbagi ilmu bersama ibu-ibu pengajian Aisyiyah ranting desa cepogo dibidang kesehatan, yaitu pencegahan penyakit demam berdarah. Penyakit demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang erat hubungannya dengan lingkungan dikarenakan vektor penyakt ini adalah nyamuk Aedes. Pencegahan penyakit demam berdarah tidak dapat dilakukan melalui vaksin ataupun obat yang dikarenakan belum adanya obat yang dapat menyembuhkan penakit tersebut. Pencegahan penyakit demam berdarah yang paling ampuh adalah dengan memutus mata rantai kehidupan nyamuk dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah. Salah satu caranya adalah PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) melalui gerakan 3M Plus yang terdiri dari :

  • Menguras, menyaring dan menyikat tempat-tempat penampungan air
  • Menutup rapat tempat-tempat penampungan air
  • Mendaur ulang atau menggunakan kembali barang-barang bekas

Plusnya adalah dengan menggunakan obat larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan lotion anti nyamuk, sering mengganti air vas bunga dan tempat minum burung, menanam tamanan penguris nyamuk dan membuar perangkap nyamuk tradisional berupa moustrap atau biasa disebut ovitrap. Alat ini berfungsi untuk menarik nyamuk agar datang dan bertelur didalam ovitrap dan telur-telur tersebut tidak akan menetas sehingga populasi nyamuk dirumah pun akan berkurang.

4

  • Pengenalan dan Pengaplikasian Program Penghematan Listrik Rumah Tangga oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro5

Pada hari Jumat, 27 Januari 2017, mulai pukul 15.00 sampai dengan 16.00, telah dilakukan program monodisiplin dengan judul Pengenalan dan Pengaplikasian Program Penghematan Listrik Rumah Tangga. Program ini dilakukan di Posko KKN Desa Cepogo, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. Target program ini adalah ibu-ibu anggota PKK yang berjumlah 40 orang. Pengenalan dan pengaplikasian program penghematan listrik rumah tangga ini ini dilakukan selama 1 jam. Tujuan pengenalan dan pengaplikasian program penghematan listrik rumah tangga ini adalah menjelaskan tentang pentingnya penghematan listrik untuk tidak memperparah global warming, mengubah kebiasaan warga tanpa mempengaruhi kualitas hidup seseorang, dan mengurangi anggaran rumah tangga. Terlihat bahwa dengan menggunakan video interaktif, alat kelistrikan seperti lampu LED, kabel, dll, dan sesi tanya jawab seputar penghematan listrik rumah tangga, ibu-ibu PKK dapat dengan lebih mudah memahami cara menggunkan listrik secara lebih bijaksana.