#X Survei: Bantu Masyarakat Desa Gentan Dalam Pengembangan UKM di Masa Pandemi X-36-B-1#

Gentan (11/7). Mahasiswa KKN TIM I UNDIP melakukan kegiatan survei dalam rangka mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh UKM di desa Gentan dalam situasi pandemi COVID-19. Hal ini dilakukan dalam rangka menjalankan program kerja “Pengembangan Wirausaha Melalui Digital Market” dan “Pengembangan Brand Image Sebagai Strategi Pemasaran” oleh Fununul Fiqhi (FEB/IESP). Berbincang bersama ibu Rizki selaku pelaku UKM Putri Kembar yang bergerak dalam bidang makanan dan menghasilkan produk utamanya keripik belut, serta produk lainnya keripik usus dan brownis lumer.

Berkunjung dan berbincang bersama Ibu Rizki bersama pelaku UKM Putri Kembar

Di tengah situasi pandemi ini UKM Putri Kembar mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya, hal ini terjadi karena pertama tempat yang biasanya menerima produk UKM ini, yaitu toko oleh-oleh daerah sementara waktu tutup karena adanya pandemi COVID-19, kedua mengandalkan pesanan di hari besar seperti hari raya idul fitri dan terakhir memasuki musim kemarau dan berangin menyebabkan pasokan belut berkurang. Oleh karena itu dengan adanya permasalahan tersebut pelaku UKM perlu memperbaiki strategi pemasaran dan menonjolkan hasil produk lainnya yaitu kripik usus dan brownis lumer. Dengan memanfaatkan teknologi saat ini pelaku UKM bisa memasarkan produknya melalui digital market, seperti shopee dan facebook. Untuk mampu bersaing di digital market UKM harus bisa memiliki ciri khas tersendiri salah satunya melalui brand image hal ini akan mendukung dalam pemasaran produk.