Keluhan Warga RT 10 Sukarame ditengah Pandemic Covid-19
(Bandar Lampung, 9/11) Di tengah wabah pandemi Covid-19 yang sedang melanda negeri ini, banyak di antara masyarakat mulai merasakan keluhan. Begitu pula yang dirasakan oleh warga RT 10 Kecamatan Sukarame. Survey data diambil melalui wawancara door to door kepada Bapak Ketua RT 10 Ir. Musbari selaku Ketua RT 10 dan beberapa warga. Asesmen dilakukan guna mendata keluhan warga serta agar dapat menjadi dasar program kerja yang akan dilaksanakan pada KKN Tim II Universitas Diponegoro wilayah Sukarame, Bandar Lampung.
Lantas, apa saja yang menjadi keluhan dari warga RT 10 Sukareme?
- Keluhan Pelaku Bisnis UMKM di RT 10 Sukarame.
Sejak mewabahnya virus Corona, hal ini berdampak pada sektor bisnis yang mengakibatkan turunnya omset dagang bahkan harus meliburkan usaha berserta karyawannya. Meski pemasukan menurun, namun pengeluaran sehari-hari tetap harus berjalan sebagaimana mestinya. Menurut Bapak Ir. Musbari selaku RT 10 Sukarame, hal inilah yang dianggap sebagai pemicu stress utama pada warga RT 10 Sukarame.
2. Meragukan kesehatan kompleks pasca new normal.
Sejak diberlakukannya new normal warga RT 10 dibuat resah dengan bebasnya orang lain non RT 10 masuk ke dalam kompleks. Hal ini menjadi gangguan tersendiri untuk beberapa warga RT 10 yang meragukan kebersihan non RT 10 yang masuk ke dalam kompleks. Konon menurut Bapak RT meski hal ini banyak dikeluhkan oleh warga namun tidak sedikit pula warga yang mendukung dibukanya kembali akses ini dengan alasan untuk mempermudah kegiatan.
3. Kegiatan anak selama libur sekolah.
Hal yang banyak dikeluhkan anak-anak kepada orang tuanya adalah merasa bosan. Dalam keadaan inipun orang tua merasa khawatir anak-anak menjadi lupa akan pelajaran di sekolah serta menghabiskan waktu yang terlalu lama didepan layar handphone atau computer. Para orang tua berharap waktu luang anak-anaknya dapat disalurkan ke kegiatan yang positif dan bermanfaat.
Dari keluhan-keluhan yang tertera diatas, baik warga maupun Bapak Ketua RT berharap program kerja yang dilaksanakan dapat membantu mengurangi keluhan yang dirasakan oleh warga setempat.