#XMUDAH?!!Mahasiswa UNDIP Buatkan Alat Peraga dan Cara Mengitung PerkalianX-20-B-2#

CANDIREJO,UNGARAN(13/7) – KKN TIM II UNDIP tahun 2020 masuk minggu ke 2. Tidak terasa KKN yang dilaksanakan secara individu sudah terlaksana hingga saat ini. KKN terlaksana di Kelurahan Candirejo, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Dilihat dari diskusi dengan Kepala Sekolah SD setempat, yang menyatakan bahwa masih ada siswa yang belum bisa menghitung perkalian dengan lancar dan masih kurang dalam memahami metode yang diajarkan di sekolah.

Pada Periode kali ini, Pada tanggal 15 Juli 2020 Mahasiswa UNDIP sudah memulai membuat suatu inovasi dengan mengenalkan alat peraga Batang Napier untuk mempermudah anak-anak SD dalam menghitung perkalian. Tidak hanya itu, anak-anak juga akan diajarkan metode yang digunakan disekolah agar mereka bisa lebih paham dan mengerti bagaimana cara menghitung dengan menggunakan metode jarimatika dan perkalian menggunakan tabel.

Buku Panduan Penggunaan

Dan tidak lupa, bersamaan dengan itu mahasiswa Undip juga membuatkan buku panduan untuk membuat, menggunakan dan beberapa contoh menghitung dalam menggunakan Batang Napier. Rencananya alat tersebut akan diperkenalkan dan mulai digunakan minggu depan.

“Karena masih dalam pembuatan dan dalam pencetakan buku panduan yang terkendala di percetakannya, maka kegiatan pelatihan dan pembelajaran menggunakan alat tersebut akan dilaksanakan minggu depan”. Kata Iwan.

Dan nantinya untuk mengisi kekosongan kegiatan untuk anak, mahasiswa Undip membuat tabel perkalian yang nantinya akan disebarkan ke anak-anak SD agar dapat diisi, sehingga nantinya menghasilkan rekapan mengenai berapa banyak anak yang masih susah dalam mengitung perkalian.

Author : Iwan Dwi Wahyu Santoso