#XMahasiswa KKN Undip Bersama Pengurus Taman Baca Surya Gempita ajak Anak-anak Membuat Pupuk KomposX-15-A-2#

Semarang –Mahasiswa KKN Undip Desa Losari bersama pengurus Taman Baca Surya Gempita melaksanakan diskusi mengenai rencana kegiatan membuat pupuk kompos.

Sabtu (11/7/2020) mahasiswa KKN Undip Desa Losari bersama pengurus Taman Baca Surya Gempita melaksanakan diskusi mengenai pelaksanaan rencana kegiatan KKN  membuat pupuk kompos bersama. Dalam kegiatan diskusi tersebut dibaghas mengenai bagaimana pelaksanaan rencana kegiatan tersebut dan siapa saja yang akan terlibat dalam kegiatan tersebut. Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan pad minggu ketiga KKN ini akan diiikuti oleh anak-anak taman baca yang saat ini berada di kelas 4–5 Sekolah Dasar.

Selain melakukan diskusi dengan pengurus taman baca, mahasiswa KKN Undip juga melakukan survei ketempat-tempat pembuangan sampah masyarakat. Di tempat pembuangan sampah tersebut tampak banyak sampah sayuran limbah rumah tangga yang dibiarkan menumpuk tanpa diolah kembali. Masyarakat memilih membiarkan sampah tersebut membusuk secara perlahan tanpa pengolahan. Pembusukan sampah secara alami membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan fermentasi. Dengan adanya fermentasi pembusukan sampah akan terjadi lebih cepat karena adanya mikroba tambahan yang digunakan untuk membantu pembusukan sampah.

Sampah Hasil Kegiatan Rumah Tangga Yang dibuang Begitu Saja

Dengan adanya program kegiatan pupuk kompos ini, diharapkan masyarakat lebih sadar untuk mengolah sampah yang dihasilkan oleh kegiatan rumah tangga dan tidak membiarkannya tertumpuk. Penumpukan sampah secara terus menerus nantinya dapat menimbulkan pencemaran lingkungan akibat bau yang ditimbulkan dari tumpukan sampah. Dengan mengolah sampah menjadi kompos dapat menjadi salah satu solusi untuk mencegah pencemaran lingkungan.