#X SIAGA COVID-19 KETIKA NEW NORMAL? KAMI HARUS BAGAIMANA…??? X-011-A-2#

SUKOHARJO, PABELAN (15/7) – Beberapa persiapan telah dilakukan mahasiswa KKN Tim II Undip 2020 dalam mengedukasi masyarakat desa Sukoharjo untuk menyiapkan masyarakat siaga covid-19 di era new normal dengan melibatkan sektor organisasi masyarakat Ibu-ibu PKK.

Menjelang new normal, ada sedikit perubahan dimana masyarakat dapat kembali beraktivitas normal namun dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan pencegahan covid-19. Adapun penerapan protokol kesehatan yang tetap berlaku ketika new normal adalah mencuci tangan, memakai masker apabila keluar rumah, tetap jaga jarak, menerapkan etika batuk dan bersin yang baik, dan menjaga pola hidup bersih & sehat.

Melansir pada hasil survey yang telah dihimpun dan tertulis pada reportase sebelumnya dimana masih adanya pemahaman yang salah tentang new normal, maka mahasiswa KKN Tim II Undip telah menyiapkan program edukasi kepada masyarakat terkait bagaimana desa Sukoharjo siaga covid-19 ditengah era perubahan new normal.

Edukasi tentang new normal akan ditargetkan kepada Kader-kader kesehatan yang menjadi bagian dari PKK dikarenakan keterbatasan akses ke masyarakat. Dengan menggandeng PKK, pemberian edukasi akan menjadi lebih mudah dalam penyebaran informasi kepada masyarakat luas. Luaran yang diharapkan pengedukasian adalah untuk menyiapkan PKK siaga covid-19 dan membentuk desa Sukoharjo menjadi desa new normal.

foto : Penyusunan materi dan media edukasi

(Yoga Dwi Prasetyo)