#X Kenalkan CorelDraw, “Harus Sabar” Kata Peserta X-06-B-1#

Pengenalan Aplikasi CorelDraw
Sumber : Tangkapan gambar ponsel

Kab. Semarang – Pelaksanaan pelaksanaan program kerja ke-2 “Pelatihan Desain Grafis dan Strategi Pemasaran Bagi Remaja IRSELA Dusun Sedandang” dilaksanakan pada siang hari, 13.00 WIB. Yang bertempat di rumah V.Nia Aprilia Riski Putri di Dusun Sedandang, Lemahireng RT 04/RW 04, Kec. Bawen, Kab. Semarang (15/07).

Pelatihan desain dilaksanakan dengan melibatkan 6 orang anggota dari remaja IRSELA yang terdiri dari Wiji, Cindi, Sri, Laras, Sela, dan Putri. Selama kegiataan berlangsung, peserta pelatihan dihimbau untuk tetap menaati protokol kesehatan yang berlaku seperti mengenakan masker serta menjaga jarak mengingat kegiatan ini dilakukan ditengah masa pandemi COVID-19.

Proses Penginstalan Aplikasi
Sumber : Tangkapan gambar ponsel

Pelatihan ini dipandu oleh V.Nia Aprilia Riski Putri sebagai mahasiswa UNDIP yang sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dalam pembuatan kerajinan memanfaatkan aplikasi coreldraw untuk membuat desain. Dan ternyata, kebanyakan dari peserta belum mengetahui cara untuk mengolah desain dengan aplikasi coreldraw. Bahkan sama sekali belum pernah menggunakan menggunakan aplikasi tersebut. Oleh V.Nia Aprilia Riski Putri, terlebih dahulu diperkenalkan mengenai aplikasi coreldraw serta apa saja kegunaannya. Sebagai awalan, diajarkan untuk membuat font yang prosesnya lebih sederhana. Selanjutnya yakni pembuatan framefoto. Jenis pembuatan desain ini termasuk kedalam jenis vector. Pada pembuatan vector terbilang lebih rumit, karena pada proses pembuatan desain vector harus digambar secara manual serta sebisa mungkin harus mirip dengan gambar aslinya sehingga membutuhkan waktu yang lama serta perlunya kesabaran yang tinggi dalam pembuatannya. Untuk itu, dalam pembuatan vector ini tidak hanya sekali pertemuan jadi. Sehingga perlu dilanjutkan pada pertemuan berikutnya.

Hasil Desain Dari Salah Satu Remaja
Sumber : Tangkapan gambar ponsel

Pelaksanaan pelatihan desain ini sebagai upaya pemberdayaan masyarakat untuk pencapaian Sustainability Development Goals (SDGs). Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi remaja antara lain meningkatkan ketrampilan, kreativitas dan pengalaman remaja IRSELA dalam membuat desain menggunakan aplikasi CorelDraw serta hasil dari proses pembelajaran desain dapat digunakan kemudian hari dalam hal mendesain.