#X Pengembangan Brand Image Sebagai Strategi Pemasaran UKM di Desa Gentan X-36-B-2#
Gentan, Susukan (15/7). Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran yang besar dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi nasional dan penyerapan tenaga kerja, UKM juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan dan merupakan motor penggerak pertumbuhan aktivitas ekonomi nasional. Untuk menjaga kelangsungan UKM di tengah persaingan bisnis maka dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Salah satunya memalui brand image UKM. Brand image adalah sekumpulan asumsi yang ada dibenak konsumen terhadap suatu merek yang terbentuk dari berbagai sumber. Image yang baik dari suatu produk/UKM merupakan aset, hal ini dapat mempengaruhi ketertarikan konsumen terhadap produk yang dijual.
Permasalahan yang dihadapi oleh UKM di Desa Gentan adalah pemasaran produk. Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk meyelesaikan permasalahan tersebut yaitu melalui brand image produk. Dengan membangun brand image yang positif akan menarik minat para konsumen untuk membeli produk tersebut. Mahasiswa KKN tim II Universitas Diponegoro Fununul Fiqhi (FEB/IESP) membantu UKM putri kembar di Desa Gentan dalam membangun brand image yang baik dan positif. Bentuk bantuan yang diberikan yaitu, membuatkan desain kemasan produk yang menarik dan informatif.