Sampah Menggunung, Begini Cara Mahasiswa Undip Mengatasinya #KKNKotaKabPekalonganBatang

Pekalongan, Jawa Tengah – Selasa, (14/07/2020) Kelurahan Kauman, Kota Pekalongan menjadi salah satu tempat KKN mahasiswa UNDIP untuk menjalankan program KKN. KKN TIM II UNDIP yang dilaksakan pada 5 Juli – 15 Agustus 2020 mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID 19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)” dilaksanakan oleh para mahasiswa secara mandiri di desa masing-masing.

Proses konsultasi dengan DLH Kota Pekalongan

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP berinisiatif mengunjungi DLH Kota Pekalongan untuk melakukan konsultasi dan kerja sama dalam membentuk Bank Sampah di Kelurahan Kauman. Hal ini dilatarbelakangi oleh tidak terkelolanya sampah di Kelurahan Kauman dengan baik sehingga dapat menyebabkan TPA Kota Pekalongan selalu penuh oleh sampah yang seharusnya masih bisa diolah kembali. Maka dari itu dibutuhkan Bank Sampah untuk melakukan proses 3R pada tingkat rumah tangga, sehingga dapat mengurangi jumlah timbulan yang masuk ke TPA Kota Pekalongan.

“Kita buat saja bank sampah tanpa lahan, sehingga tidak memerlukan lahan yang luas karena memanfaatkan rumah warga masing-masing untuk menyimpan sampah yang sudah terpilah” Ujar Ibu Yuli, Petugas DLH Kota Pekalongan. Dalam pelaksanaan pembentukan bank sampah, yang pertama kali harus dilakukan adalah pembentukan kepengurusan yang minimal terdiri dari ketua, bendahara, dan sekretaris. Setelah pengurus bank sampah terbentuk bisa menentukan nama bank bampah tersebut, apabila sudah terpilih nama bank sampah yang cocok, kemudian pengurus bank sampah dapat menemui Lurah Kauman untuk dilakukan peresmian bank sampah kelurahan, sehingga bank sampah resmi dapat berjalan.

Diharapkan apabila bank sampah kelurahan sudah terbentuk dan terus berjalan, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Kelurahan Kauman untuk memilah sampahnya masing-masing dan dapat membantu mengurangi jumlah timbulan sampah yang masuk ke TPA.

Oleh : Muhamad Maulana Gilbran – Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Dipongeoro

Editor: Nikie Astorina YD, SKM, M. Kes